Islam

Jaton penuh warga Silaturahmi Lebaran Ketupat

TRIBUNMANADO.CO.ID,TONDANO- Jalan kampung Jawa Tondano (Jaton) kec-Tondano Timur penuh sesak dengan kendaraan hilir mudik dibawa pemiliknya bersilaturahmi saat hari raya ketupat.

 

Seperti pada perayaan idul fitri, saat hari raya ketupan juga, hampir seluruh warga Jaton yang Muslim membuka pintu rumah mereka untuk disambangi warga yang ingin bersilaturahmi, namun yang berbeda adalah sajian, yaitu adanya hidangan ketupat.

 

Ada ketupat yang menggunakan santan, ada yang menggunakan beras pulut, ada juga yang hanya mengunakan beras biasa saja. Padanan masakan ketupan pun bermacam-macam tinggal dipilih oleh yang ingin makan.

 

Namun yang menjadi inti dari hari raya ketupat adalah saling silaturahmi antar sesama.”Kalau hari raya ketupat, saatnya tetangga yang belum sempat berkunjung saat Idul Fitri, sekaranglah saatnya, juga saudara yang belum berkunjung,” jelas Arifin Kyai Demak warga Jaton.

 

Ia menambahkan, awal dari tradisi hari raya ketupat di Jaton adalah saat pertemuan pimpinan umat muslim dan melakukan rapat di masjid, masing2 membawa ketupat untuk dibagikan, sehingga tradisi tersebut berlanjut hingga saat ini.

 

“Apa yang dihidangkan tak jauh beda saat Idul Fitri, tapi kini ada ketupatnya, dan siapa yang datang kami sambut dan persilakan menikmati sajian,” jelasnya. Tampak, sejak pagi banyak tamu keluar masuk rumah semua usia bersilaturahmi dan menikmati ketupat serta sajian lain. Ramainya kunjungan dihampir setiap rumah, membuat jalan lorong penuh dengan kendaraan.

 

Sampai-sampai Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang yang terlihat berkunjung di beberapa tempat, harus menggunakam motor untuk mengunjungi sahabatnya ataupun rumah kepala dinas yang Muslim, meski cuaca lumayan panas.

 

Sampai di dalam rumah, Ivansa sapaan akrabnya pun langsung menyalami tuan rumah dan tamu yang ada, sebagai bentuk saling menghormati serta silaturahmi antar sesama warga. Keamanan tetap terjaga, nampak di beberapa titik ada penjagaan dari Sat Lantas Polres Minahasa.

 

Mereka mengatur lalu lintas juga anggota Polres lain yang menjaga keamanan. (Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus; http://manado.tribunnews.com/2015/07/24/jaton-penuh-sesak-warga-silaturahmi-hari-raya-ketupat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close