Iptek dan Lingk. Hidup

Indikator mobil yang perlu kita tahu

Punya mobil emang enak, ujan gak keujanan, panas gak kepanasan. Eh tapi gak enaknya ada lho, kalau kita tinggal di Kota besar otomatis kita harus berjibaku sama macet. Cuma kan macet di dalem mobil pribadi beda sama macet di dalam angkotan umum.

 

Nah buat kita yang menikmati mengendarai mobil, semestinya peduli sama mobil yang dipake. Karena mobil itu sama kayak kita, butuh disayang dan diperhatiin. Kalau mobil ngambek, baru tau rasa deh. Maka, sebelum si mobil kesel, ada baiknya kita tau kode2 dari mobil lewat indikator berikut:

 

Aki

Ini sumber listrik mobil. Lewat aki mobil kita bisa menyediakan gemerlap cahaya di dalam/ luar mobil, kita bisa dengerin lagu berkat aki. Ya sebetulnya aki cukup vital juga sih fungsinya, karena kalau gak ada aki, mobil kita mungkin gak akan bisa jalan.

 

Nah aki ini ada dua jenis, basah dan kering. Umumnya mobil jaman sekarang pake aki kering yang butuh dicas. Kayak smartphone kamu aja gitu. Untuk tau aki dalam kondisi baik atau gak, si mobil bakal ngasih kode lewat ikon kotak berwarna merah.

 

Kalau ikon kotak merah itu gak padam setelah mobil dinyalain, cepet2 lah periksa, sebelum si mobil terluka dan ngambek di tengah jalan. Oiya, kalau misalnya kita udah terlewat gak perduli dan akhirnya bikin mobil mogok karena aki rusak, udah tau kan yang harus kamu lakukan apa?

 

Bensin

Kalau indikator bensin aja kita sampe gak tau sih mendingan kita gak usah bawa mobil, naik becak aja. Intinya sih, mau indikatornya digital atau bukan, kalau udah deket huruf E, ya mesti buru-buru ke pom bensin.

 

Rem Tangan

Di luar sana dikenal dengan parking brake, tapi di Indonesia orang2 nyebutnya rem tangan karena gunainnya pake tangan. Rem tangan ini baik digunakan kalau kitam parkir atau berhenti dalam waktu lama kayak di tengah kemacetan. Males juga kan injek rem terus menerus?

 

Kadang orang suka lupa non aktifin rem tangan, main langsung tancap gas aja. Trus karena jalannya mobil dianggap sedikit berat, akhirnya gas makin diinjek kenceng. Hasilnya bau sangit menyelimuti. Buat yang suka non aktifin rem tangan, sebenernya mobil udah berbaik hati ngasih tau lewat indicator berbentuk tanda seru.

 

Jadi kalau kita udah ngerasa nurunin rem tangan tapi indicatornya masih nyala, berarti kita nuruninnya belom maksimal. Coba dipegang lagi si rem tangan yang panjang itu, dan turunin lagi deh dia.

 

Oli

Indikator ini bakal nyala saat kamu on-in mobil, dan bakal padam saat kamu starter. Tapi kalau pas kamu starter indikator berbentuk ceret ini masih aja nyala, itu tandanya kamu udah harus ganti oli, eh maksudnya mobil kamu yang ganti oli. Kalau kamu mah ganti olinya tergantung mood dan sikon aja ya.

 

Suhu Mesin

Mesin mobil itu sama kayak badan kita, bisa dingin bisa panas. Keduanya bisa berakibat kurang baik buat mobil. Untuk tau mobil itu mesinnya kedinginan atau kepanasan, kita bisa liat dari indikator yang bentuknya kayak kunci lagi kecemplung sungai.

 

Kalau warnanya indikator itu warna merah, berarti suhu mobilnya panas. Jangan sesekali maksain buat nerusin perjalanan. Cara terbaik adalah melipir, matiin mesin dan cek air radiator. Eh tapi tunggu sampe mesin dingin dulu ya buat buka penutup radiator, kalau gak bisa bahaya akibatnya.

 

Kalau udah cukup dingin, coba kita tambahin tuh air radiator. Abis itu coba deh nyalain lagi mesin, kalau ternyata lampunya masih nyala, langsung aja deh telepon orang atau dibawa bengkel.

 

Mesin

Harusnya sih kita bakal jarang ngeliat indikator ini nyala, apalagi kalau kamu rutin service mobil. Tapi kalau ternyata si indikator muncul di tengah perjalanan, ada baiknya sih segera samperin bengkel terdekat. Indikator ini ngasih tau ada yang salah sama mesin mobil.

 

Over Drive

Mungkin kita pernah liat indikator ini nyala karena gak sengaja mencet sesuatu, yang kita lupa juga di mana mencetnya. Gak usah panik. O/D Off atau over drive off ini sebenernya ngasih tau mobil kita bisa sampe gigi tertinggi apa gak. Oiya, jadi over drive ini cuma ada di matic.

 

Kalau lampu indikator over driver off nyala, itu tandanya mau kamu injek sekenceng apapun gas, si mobil tetep bertahan di kecepatan maksimal gigi 3 mobil manual. Kalau kita lagi diturunan gitu, ada baiknya O/D off aja. Eh iya, MBDC lupa kasih tau, tombolnya itu nyempil di samping persneling.

 

Pintu

Kalau yang ini sampe gak tau sih kebangetan bangetlah. Bukan, bukan berarti pintu kita masih terbuka, tapi indikator ini muncul juga kalau pintu mobil nutupnya kurang rapet.

 

Bonus : Letak Tangki Bensin

Walau udah sering isi bensin, beberapa orang punya masalah dengan keberadaan letak tangki bensin. Ada kan orang yang tiap isi bensin selalu bertanya”Tengki bensin gue sebelah kiri apa kanan ya?” Kalau kita tergolong orang yang seperti itu, jangan sedih karena sebenernya mobil kita udah ngasih tau.

 

Kalau liat di dashboard, kita bakal nemuin petunjuk arah di samping lambang bensin. Gimana, udah ngerti dan jago soal mobil dong tentunya? (http://malesbanget.com/2016/07/jangan-cuma-doang-berikut-ini-8-indikator-penting-di-mobil-yang-harus-kamu-tau/?utm_source=line&utm_medium=linetimeline&utm_campaign=distribution-partner)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close