Iptek dan Lingk. Hidup

Penghargaan UKM hijau

Jakarta – Forum Inovasi Teknologi, Conference, & Exhibition 2014, puncaknya pada kamis 5/6/14. Setelah sebelumnya menggelar pameran dan presentasi, para peserta terbaik mendapat penghargaan sesuai kategori.

Acara yang diselenggarakan oleh Yayasan Inovasi Teknologi (INOTEK) ini memunculkan tiga pemenang kompetisi rencana bisnis hijau. Tiga UKM (usaha kecil dan menengah) pemenang tadi merupakan hasil saringan dari total 32 peserta.

“Dari 32 peserta disaring hingga jadi tujuh terbaik. Kemudian dari tujuh itu diambil tiga pemenang. Tidak ada peringkat dan empat yang tak menang itu bukan berarti buruk. Hanya saja tiga yang ini lebih baik dari mereka,” kata Sekretaris Pembina INOTEK, Projo Soetedjo, di Jakarta, Kamis (5/6).

Tiga pemenang itu : Joyfresh, Agro Lestari Makmur, dan Bumi Braja Nusantara. Yang pertama bisnis bahan bakar yang ramah lingkungan, yang kedua komoditas pertanian, dan yang terakhir pembangkit tenaga listrik murah. Masing-masing pemenang mendapat dana hibah sebesar US$ 10.000 (Rp 120 juta).

Penghargaan juga diberikan pada penemu muda. Tak cuma dari Indonesia tapi juga dari negara lain semisal Taiwan, Malaysia, Rumania, dan Polandia. Muhammad Ali Fikry, mahasiswa semester enam Biologi UGM Angk-2011, jadi salah satu yang dapat penghargaan. Ia dan temannya menemukan manfaat tinta cumi-cumi untuk kesehatan.

“Cumi biasanya cuma diambil dagingnya, terus tintanya dibuang lagi ke laut. Tapi kami temukan, tintanya bisa untuk anti kanker dan anti bakteri,” kata Fikry. Fikry mengaku senang dengan penghargaan ini. Baginya ia berharap penghargaan itu bisa jadi motivasi untuk junior-juniornya dalam berkarya.

Ke depan, Fikry berharap bisa membawa penemuan manfaat tinta cumi-cumi lebih maju. Tujuannya agar bisa lebih bermanfaat bagi orang banyak. “Ini masih tahap pra klinis. Harapannya bisa lanjut ke tahap klinis agar bisa diuji coba ke manusia.

Kami tak punya hak karena hanya dokter yang boleh. Semoga nanti bisa dijadikan obat terdaftar untuk keperluan medis,” Fikry menjelaskan. (Penulis: Shesar Andriawan/FER; http://www.beritasatu.com/iptek/188360-tiga-ukm-hijau-dapat-hibah-us-10000-dari-inotek.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close