Iptek dan Lingk. Hidup

Fosil Dinosaurus ditemukan di Prancis

(bbc.com)-Ilmuwan di Prancis Barat Daya menemukan tulang paha Dinosaurus Raksasa di situs penggalian fosil yang berlangsung hamper satu dekade

 

Fosil tulang panjang 2 mtr ditemukan di Angeac ini diduga asal sauropoda, jenis dinosaurus pemakan tumbuhan berleher dan ekor panjang. Sauropoda biasa ditemui pada akhir era Jurassic, hewan terbesar. Pakar paleontologi mengatakan mereka kagum dengan kondisi temuan fosil yang terawat.

 

“Kita bias melihat otot dan tendon, bekas luka”, kata Ronan Allain dari Museum Sejarah Nasional Paris kepada surat kabar Le Perisien.  “Ini jarang terjadi pada potongan-potongan besar yang cenderung runtuh pada diri mereka sendiri dan fragmen.”

 

Seberapa besar Dinosaurus pemilik paha ini?

Dinosaurus seperti itu, yang hidup lebih dari 140 juta tahun yang lalu, memiliki berat 40 hingga 50 ton, kata Allain kepada kantor berita Reuters.

 

Tulang paha sauropoda yang ditemukan di situs yang sama pada 2010 panjangnya 2,2 meter dan beratnya 500 kilogram, menurut koran lokal La Charente Libre.

 

Fosil paha yang ditemukan ini diperkirakan memiliki berat yang hampir sama ketika akhirnya bisa dipindahkan, pekerjaan yang mungkin akan memakan waktu seminggu dan melibatkan crane.

 

Apalagi mereka temukan di Angeac?

Sekitar 70 ilmuwan bekerja musim panas ini di situs yang terkubur jauh di kebun-kebun anggur di daerah Charente, dekat kota Cognac. Lebih dari 7.500 fosil dari setidaknya 40 spesies telah ditemukan sejak 2010, menjadikan bekas rawa itu sebagai salah satu situs terpenting di Eropa.

 

Sebelumnya, tulang-tulang stegosaurus dan kawanan dinosaurus burung unta telah ditemukan, Le Parisien melaporkan.  (Bahan dari : https://www.bbc.com/indonesia/majalah-49113691?xtor=AL-73-%5Bpartner%5D-%5Bdetik.com%5D-%5Blink%5D-%5Bindonesian%5D-%5Bbizdev%5D-%5Bisapi%5D)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close