Iptek dan Lingk. Hidup

Yang harus diperiksa usai mudik bermotor

Jakarta-Cek fisik kendaraan itu ritual penting harus dilakukan jelang  dan sesudah melakukan perjalanan jauh, smisal ke kampung halaman. Hal ini penting agar kondisi kendaraan terpantau sehingga terhindar dari kerusakan yang bisa menyebabkan motor mogok atau kecelakaan.

Kebanyakan pemilik sepeda motor lupa mengecek usai perjalanan dari kampung halaman. Disadari atau tidak, perjalanan mudik ke kampung halaman dan kembali ke tempat asal bertempuh yang relatif sama. Alangkah baiknya jika pengguna kembali mengecek fisik kendaraan.

“Terkadang orang suka lupa, saat mudik itu motor dipaksa kerja keras. Tentu ada bagian2 yang perlu diperiksa keadaannya setelah perjalanan jauh,” ungkap Kepala Bengkel Honda Supra Jaya Motor, Rahmat Arif di Bekasi, Jumat (30/6/2017).

Dia sebutkan, salah satu komponen penting yang harus diperiksa adalah oli mesin. Setelah dipakai jauh, performa oli tidak sebaik awal. Sehingga perlu diganti karena pelumas sangat berpengaruh terhadap performa mesin. Komponen2 lain yang perlu diperiksa : Rem, lampu, dan kaki2 apakah berfungsi baik.

“Rem wajib diperiksa, karena biasanya jadi agak kendor jadi perlu disetel ulang. Lanjut lampu2 : utama, lampu sen dan lampu rem. Kaki juga perlu dicek karena setelah menghadapi berbagai medan jalan biasanya ada saja yang kendor,” tandas Rahmat. (wbs; Manuel Jeghesta; https://autotekno.sindonews.com/read/1217091/128/ini-komponen-motor-yang-harus-diperiksa-usai-pulang-mudik-1498811775)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close