Iptek dan Lingk. Hidup

Implementasi 5G Masuk rencana Strategis Kemenkominfo

(teknologi.bisnis.com)-JAKARTA; Kemenkominfo tengah menyusun rencana strategis 5 tahun ke depan, salah satunya implementasi teknologi 5G. Direktur Penataan Sumber Daya, Ditjen SDPPI, Kemkominfo, Denny Setiawan, mengatakan pada 2019, Kemkominfo mulai menyusun rencana strategis 5 tahun ke depan.

Salah satu semangat penyusunan rencana strategis ini implementasi 5G dilihat dari banyak sudut. “Selain aspek ketersediaan spektrum frekuensi radio, juga hal yang tidak kalah pentingnya pengkajian kebijakan dan regulasi dan struktur penyelenggaraan telekomunikasi yang 5G-friendly,” katanya pada Bisnis.com (11/3/2019).  

Pembahasan 5G, juga mengenai ketersediaan infrastruktur pendukung meliputi peningkatan dan kemudahan penetrasi fiber optik, dan infrastruktur pendukung seperti ducting, poles, tower dan infrastrukur sharing. “Kebijakan sharing infrastruktur ini mencakup infrastruktur aktif dan pasif, termasuk sinkronisasi kebijakan dengan instansi pemerintah lain termasuk pemda” kata Denny.

Sinkronisasi dengan Pemda perlu agar memberi kemudahan-fleksibilitas lebih pada operator telekomunikasi dalam mengakses poles, ducting dan gedung saat akan membangun jaringan 5G. Mengenai rencana pemnafaatan frekuensi satelit, Dia menuturkan masing2 satelit berbeda lifetime-nya.

“Yang terbaru, Nusantara Satu memiliki transponder ext-C band yang beroperasi di pita 3.5GHz. Secara rata2 umur lifetime satelit ada di kisaran 15 tahun sejak diluncurkan” kata Denny. Saat ini, Kemkominfo mengkaji potensi pemanfaatan penggunaan frekuensi 3.5GHz secara sharing untuk 5G dan satelit.

Misalnya pembagian geografis untuk layanan 5G di wilayah yang terdapat kawasan industri manufaktur atau daerah perkotaan yang memiliki demand trafik data tinggi, sedangkan layanan satelit tetap bisa beroperasi di wilayah lain. 

“Dengan pendekatan ini diharapkan keberlangsungan layanan satelit tetap berlangsung sampai masa umur satelit, tetapi di sisi lain implementasi teknologi 5G di pita frekuensi itu dapat diimplementasikan”. ( Leo Dwi Jatmiko; Editor : Nancy Junita; Bahan dari : https://teknologi.bisnis.com/read/20190312/84/898466/implementasi-5g-masuk-rencana-strategis-kemenkominfo)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close