Iptek dan Lingk. Hidup

Fitur Keselamatan Aktif Mobil Listrik

(koran-jakarta.com)-Beberapa pabrikan Jepang mengumumkan jajaran mobil elektrifikasi canggih yang akan hadir pada pameran 25/10 sampai 4/11/2019 di Tokyo.

 

Mobil listrik dan hibrida terus disempurnakan dari sisi tenaga dan jangkauan. Mobil tipe itu sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif yang memberi kenyamanan.

 

Iven otomotif Tokyo Motor Show, yang dihelat di musim semi ini jadi salah satu ajang otomotif penting bagi dunia. Beberapa pabrikan Jepang mengumumkan jajaran mobil elektrifikasi canggih yang bakal hadir pada pameran itu.

 

Pada ajang ini Nissan memajang 14 model baru termasuk mobil listrik konsep baru : IMk. Dengan tema Nissan Intelligent Mobility, Nissan menghadirkan Nissan Leaf e+, Serena e-Power, GT-R dan mobil sport Skyline yang baru dilengkapi sistem bantuan pengemudi ProPilot 2.0.

 

Nissan menyebutkan, IMk itu kendaraan komuter urban, berteknologi mutakhir dan akselerasi mobil listrik yang kuat dalam badan yang ringkas. Mobil kota ini diklaim fungsional, dan gaya dengan desain mampu mengurangi stres pengemudi dengan memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan dan membuat percaya diri.

 

IMk mencerminkan estetika minimalistik, diambil dari filosofi desain baru Nissan : Timeless Japanese Futurism. Menggabungkan “DNA Jepang” pada detail dalam dan luar, mobil konsep ini mengisyaratkan arah baru dari desain Nissan dan  dapat membantu menghidupkan visi Nissan Intelligent Mobility.

 

“System pengemudi ProPilot terbaru dan fitur konektivitas tanpa batas, IMk menggambarkan mobil yang berorientasi perkotaan akan tampil dan dirasakan di masa datang,”demikian siaran pers Nissan.

 

Nissan akan menunjukkan performa terbaru dari mobiul lsitrik andalanannya Nissan Leaf. Nama Leaf e+, mengalami penyempurnaan pada daya jelajah dan performa lebih kuat dengan menambahkan powertrain listrik baru.

 

Baterai berkapasitas dan kepadatan tingginya memberi tambahan lebih dari 40% rentang jarak hingga mencapaqi 458 km di bawah standar WLTC Jepang. Efisiensi energi yang lebih baik, torsi yang kuat, dan output daya menawarkan pengalaman mengemudi yang lebih menarik.

 

Nissan juga menghadirkan MPV Serene dengan nama Serena e-Power dengan teknologi ProPilot. Khusus powertrain litrik dari Serena e-Power berhasil mendapatkan penghargaan Technology of the Year 2019 oleh Automotive Researchers’ dan Journalists’ Conference of Japan (RJC).

 

Dengan pembaruan ini, Serena menyediakan perlindungan keamanan 360 derajat sebagai perlengkapan standar di semua jajaran model. Pembaruan pada grille depan efektif mengkomunikasikan kualitas premium Serena dan memberikan karakter sporty yang khas.

 

Selain Serena hadir mobil sport New Skyline kini hadir Pro-Pilot 2.0. Mobil ini memiliki sistem bantuan pengemudi pertama di dunia menggabungkan navigasi pengemudian jalan raya dengan kapabilitas lepas tangan, namun perhatian pengemudi tetap pada jalan dan siap mengambil alih jika diperlukan.

 

Selain Nissan, Mitsubishi juga ambil bagian pada Tokyo Motor Show 2019 menghadirkan mobil listrik dan hibrida. Kali ini tiga berlian dengan 2 mobil konsep masa depannya yaitu Mitsubishi Mi-Tech dan Height K-Wagon.

 

Mobil SUV Mitsubishi Mi- Tech dibekali penggerak plugin hybrid EV (PHEV) yang lebih baru dan lebih ringan, sistem 4WD listrik 4-motor, dan sistem keselamatan aktif. Sistem PHEV di Mitsubishi Mi- Tech disebut telah dioptimalkan dengan unit ringan dan kompak untuk SUV ukuran kecil.

 

Seperti Nissan Note e-Power Mitsubishi Mi-Tech pakai mesin turbin gas untuk menggerakkan generator listrik yang akan menyuplai ke baterai. Langkah ini memberikan pengemudi pilihan mode listrik murnia atau mode hibrida, dengan menawarkan kinerja yang halus dan kuat.

 

Sistem penggerak motor lisrik 4 roda atau 4WD Mi-Tech didukung sistem 4WD 4-motor yang disebut Quad Motor dengan Dual Motor AYC. Sistem ini memiliki 2-motor untuk gandar depan dan belakang, memungkinkan torsi optimal dan akselerasi lebih responsif dan mendukung kemampuan offroad.

 

Sistem keselamatan SUV Mi-Tech mengadopsi fitur antar muka manusia (Human Machine Interface/HMI). Fitur ini dapat memproyeksikan informasi yang terdeteksi, berteknologi penginderaan optik canggih ke kaca depan berbasis teknologi Augmented Reality (AR)

 

Jika Nissan bersystem Pro-Pilot 2.0, maka Mitsubishi memiliki sistem bantuan pengemudi yaitu  Mi-Pilot. System ini memperingatkan pengemudi kemungkinan tabrakan, juga mendukung pengoperasian kemudi dan rem. Mobil konsep lain dari Mitsubishi yang akan hadir di Tokyo Motor Show : Height K-Wagon.

 

Mobil wagon tinggi generasi terbaru ini hadir menjawab keinginan yang ingin memperluas daftar tujuan dan mengendara lebih jauh ke cakrawala dengan mobil. Mobil konsep Height KWagon menampilkan ruang interior lapang sebagai standar sambil berkinerja dan fungsionalitas yang diharapkan kategori ini.

 

Mobil konsep ini menawarkan ruang kabin lega dan memberi kinerja lincah. Mobil ini juga dilengkapi  system bantuan pengemudi Mi-Pilot, berupa pengereman, mitigasi tabrakan ke depan, mitigasi salah akselerasi, dan sistem keselamatan aktif lainnya. (hay/E-6; Bahan dari : http://www.koran-jakarta.com/fitur-keselamatan-aktif-mobil-listrik/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close