Iptek dan Lingk. Hidup

Kereta Hidrogen Pertama Di Asia Akan Didatangkan Ke Indonesia

(m.liputan6.com)-Berlin; Kereta bertenaga hidrogen pertama di dunia buatan Jerman bakal didatangkan PT KAI ke Indonesia. Jika berhasil, Indonesia jadi negara pertama di Asia yang pakai moda transportasi ramah lingkungan ini.

 

Perjalanan sejauh 40 Km di negara bagian Niedersachsen, Jerman jadi perjalanan pertama ditempuh Dirut PT KAI, Edi Sukmoro menggunakan kereta hidrogen berkecepatan 80 km/jam, Senin 18/3/19. Ditemani Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno serta Stefan Schrank  Manager Proyek Coradia iLint, produsen kereta hidrogen asal Jerman.

 

“Luar biasa kereta ini, langkah maju dari teknologi elektrifikasi yang memakai baterai,” ujar Sukmoro seperti diberitakan DW dikutip (23/3/2019). Kereta hidrogen ini ramah lingkungan sebab menggunakan bahan baku utama biomass (sumber energi berkelanjutan lain), misal energi matahari dan energi angin, emisinya uap dan air. Pihaknya siap membawa kereta hidrogen pertama di dunia ke Indonesia.

 

Penyedia kereta hidrogen mengklaim biaya investasi kereta hidrogen lebih murah ketimbang kereta diesel. “Dari harga belinya kereta ini lebih mahal. Tapi biaya operasinya rendah, tidak pakai grid listrik dan mesin diesel. Biaya perawatannya juga murah,” ujar Schrank. Keuntungan lain dari kereta hidrogen, mesinnya tenang, membuat perjalanan terbebas dari kebisingan mesin kereta.

 

Penjajakan kerja sama bisnis ini dilakukan sejak 2018 oleh Dubes RI Oegroseno. “Kehadiran kereta hidrogen jadi bagian pembangunan sektor transportasi berkelanjutan,” ujar Dubes yang mulai bertugas di Jerman April 2018.

 

Kereta hidrogen pertama di dunia ini diluncurkan pada 16/9/2018 di kota Bremervörde, negara bagian Niedersachsen. Kereta hidrogen ini dapat menempuh kecepatan hingga 140 km/jam.

 

Sekali perjalanan sejauh 1.000 km, kereta hidrogen butuh sekali pengisian bahan baku air berhidrogen yang disediakan dalam kontainer baja setinggi 1,2 meter. Selain Indonesia, negara yang tertarik pada kereta hidrogen antara lain Austria, Inggris, Belanda, Denmark, Norwegia, Italia dan Kanada.

 

(Bahan dari : https://m.liputan6.com/global/read/3924381/kereta-hidrogen-pertama-di-asia-siap-didatangkan-ke-indonesia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close