Kesehatan

Bisa mengatasi kebotakan

KOMPAS.com-Lebih separuh pria, mengalami masalah kebotakan saat usia lebih dari 40 tahun. Namun, beberapa kasus ada pria yang mengalami kebotakan pada usia muda. Biasanya, kebotakan dimulai  mundurnya garis rambut Anda. Anda bisa memperlambat proses kebotakan dengan strategi dari ahli rambut :.
1-Meditasi

Kerontokan rambut sering karena stres. Stres membuat tubuh kebanjiran hormon kortisol sehingga menyebabkan hormon lainnya berfluktuasi, jelas Melissa Piliang, M.D., seorang ahli rambut di Cleveland Clinic. Untuk lebih mengontrol stres, Anda bisa mencoba meditasi tradisional atau meditasi aktif seperti yoga atau tai chi.
2-Minoxidil

Minoxidil mungkin tidak akan mengembalikan apa yang hilang, tetapi dapat membantu Anda memertahankan yang tersisa dan bahkan membantu rambut tumbuh kembali sedikit. Minoxidil membantu meningkatal aliran darah serta oksigen dan nutrisi ke folikel.

 

Karena obat ini dapat dapat menyebabkan iritasi dan meninggalkan lapisan berminyak pada rambut, pilihlah yang mengandung busa lima persen, kata Dr Piliang. Gosokkan ke kulit kepala di pagi dan malam hari. Minoxidil tidak terkait dengan disfungsi ereksi atau menyebabkan penurunan libido.
3-Perangkat Laser

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam American Journal of Clinical Dermatology, pria yang merangsang kulit kepala mereka tiga kali seminggu dengan menggunakan laser, akan mengalami peningkatan kepadatan rambut yang signifikan setelah 26 minggu. Diketahui, laser memiliki efek antioksidan yang berguna menyehatkan folikel rambut.
4-Ketoconazole Shampo

Tukar sampo Anda yang biasa dengan yang mengandung satu persen ketoconazole. Ketoconazole adalah bahan antidandruff dan anti-androgen,” kata Dr Piliang. Antiandrogen memblokir konversi testosteron menjadi dihidrotestosteron, hormon yang menyusutkan folikel rambut.
5-Vitamin D

Studi yang dimuat dalam British Journal of Dermatology melaporkan bahwa orang-orang dengan alopecia areata, atau gangguan autoimun yang menyebabkan rambut rontok, tiga kali lebih mungkin untuk kekurangan vitamin D dibanding orang-orang dengan rambut yang sehat.

 

“Vit-D membantu rambut mengulang fase pertumbuhannya,” jelas Dr Piliang. Konsumsi 2.000 IU sehari vit-D3, terutama di musim dingin ketika Anda kurang terkena sinar matahari. (Bestari Kumala Dewi; Mens Health; http://health.kompas.com/read/2016/09/13/212500623/5.metode.yang.bisa.dilakukan.untuk.mengatasi.kebotakan)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close