Aku cinta Indonesia

IBM gelar kompetisi mendukung Smart City Jakarta

Jakarta – Melihat peran Jakarta Smart City yang bermanfaat bagi pelayanan publik di Jakarta, IBM menggelar kompetisi IT untuk pengembangan teknologi Smart City. Setelah sukses gelar kompetisi tahun 2015, maka tahun ini IBM menggelar IBM Linux Challenge 2016.

 

Kompetisi ini diresmikan Kepala Unit Pengelola Jakarta Smart City, Setiaji di Balai Kota DKI, (3/9). Setiaji mendukung kompetisi ini, karena akan melahirkan generasi muda yang dapat menciptakan sistem teknologi informasi yang dapat mendukung pelayanan Jakarta Smart City.

 

“Saya memberi apresiasi ke peserta yang telah berani mengikuti kompetisi ini. Saya berharap dapat kompetisi ini akan melahirkan para developer teknologi informasi terbaik untuk mendukung Smart City,” kata Setiaji saat menghadiri IBM Linux Challenge 2016 di Balai Kota DKI, Jakarta, Sabtu (3/9).

 

Country Manager Hardware IBM Indonesia, Al Novam Basukiwijaya mengatakan ajang kompetisi ini bertujuan mengembangkan keterampilan para developer teknologi informasi dalam membuat aplikasi lokal menggunakan platform berbasis Linux yang sifatnya open source.

 

“Yang masuk 53 proposal dalam waktu 4 bulan untuk 2 kategori peserta. Yaitu mahasiswa dan profesional,” kata Novam. Dari 53 proposal itu, tim juri yang terdiri dari pihak IBM Indonesia, praktisi dan tokoh open source Budi Rahardja serta perwakilan Jakarta Smart City mengundang 18 proposal yang terpilih untuk mempresentasikan ide.

 

“Dari 18 proposal itu, tim juri memilih dua pemenang dari kategori mahasiswa dan dua pemenang dari kategori profesional,” terangnya. Dua pemenang dari kategori mahasiswa, juara pertama diraih dari mahasiswa ITB dengan aplikasi Lumen dan pemenang ke-2 dengan aplikasi Sinar Indonesia Jaya.

 

“Lumen terpilih sebagai pemenang pertama karena mengedepankan robot bantuan infornasi (helpdesk) otomatis berbasis kecerdasan buatan yang dapat memberi layanan informasi dan menjawab pertanyaan. Aplikasi ini rencananya diterapkan sebagai bagian dari Jakarta Smart City,” jelasnya.

 

Untuk kategori profesional, pemenang pertama diraih IT Corp dan pemenang kedua Indjuri. IT Corp terpilih sebagai pemenang pertama atas aplikasi yang memfasilitasi masyarakat modern dalam mengakses layanan kesehatan dengan cepat, tepat dan mantap.

 

Ajang ini mengusung konsep Smart City. Selama ini IBM mendukung beberapa kota di negara lain seperti Rio de Janeiro, Brasil dan Davao, Filipina untuk mewujudkan Smart City. “Kami harap aplikasi yang tercipta mendukung konsep Jakarta Smart City dan bermanfaaat bagi masyarakat Jakarta,” ujarnya

 

Kedepannya, IBM akan terus mencari developer teknologi informasi di tanah air untuk berkarya dan memberikan kontribusinya melalui ajang yang serupa dan berkelanjutan.

 

Kegiatan ini diharapkan menarik minat developer IT dalam negeri mengembangkan aplikasi-aplikasi lokal yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia. (Lenny Tristia Tambun/YUD; BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/megapolitan/383393-ibm-gelar-kompetisi-dukung-jakarta-smart-city.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close