Aku cinta Indonesia

PUPR Bikin Desain Ibu Kota Baru

(finance.detik.com)-JAKARTA; Pemerintah memutuskan memindah ibu kota di luar Jawa meski hingga kini belum ditetapkan tepatnya. Untuk desainnya, akan dibuat setelah lokasi ibu kota baru diputuskan dan disusun oleh Kemen-PUPR.

Demikian disampaikan Dirjen Cipta Karya Kemen-PUPR Danis H Sumadilaga dalam diskusi ‘Apa Saja yang Dibutuhkan untuk Membangun Ibu Kota Baru?’ di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta, Selasa (21/5/2019). “Tugas PUPR itu menyiapkan desain kalau lokasinya sudah ditetapkan,” katanya.

 

Lokasi ibu kota baru ditargetkan ditetapkan tahun ini. Dia menerangkan, ibu kota baru mesti dilengkapi sejumlah fasilitas. Infrastruktur dasar meliputi jalan perkotaan, drainase, energi kelistrikan, utilitas, IT dan pencahayaan, transportasi dll. Pusat pemerintahan atau government core yang meliputi gedung pemerintahan.

“Yang khusus, karena ibukota negara nanti ada pusat pemerintahan, government core” ujarnya. “Tadi disebutkan dalam skala 40.000 ha government core pusat pemerintahannya 2.000 ha,” tambahnya. Setelah pusat pemerintahan ada capital city ring yang mendukung pusat pemerintahan.

“Dari pusat, ada ring 1 yang menggambarkan capital city, national identity, masterplan perumahan dan juga di luar dari pusat pemerintahan,” terangnya. Ada juga capital city ring yang mendukung pusat pemerintahan. Ada gedung pemerintahan (walikota), bangunan capital city 2, dll.

“Ada ring 2, gedung pemerintah walikota yang mendukung pusat pemerintahan” ujarnya. Dalam time line Kementerian PPN disebutkan, tahun 2019 penyelesaian kajian dan penentuan lokasi. Tahun 2020 penyiapan regulasi dan kelembagaan, penyusunan masterplan kota terpilih, dan perencanaan teknis kawasan.

Tahun 2021 penyediaan lahan, penyusunan DED kawasan dan groundbreaking pembangunan ibu kota baru. Di tahun 2022-2024 pembangunan kawasan. Serta, di tahun 2024 awal pemindahan ibu kota negara baru. (fdl/fdl; Achmad Dwi Afriyadi; Bahan dari : https://finance.detik.com/properti/d-4559132/pupr-bikin-desain-ibu-kota-baru-begini-rinciannya?tag_from=wpm_nhl_22)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close