Aku cinta Indonesia

Jokowi Resmikan Mata Air Raksasa 13 Juta Orang Bisa Hidup

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Proyek air minum regional Umbulan di Pasuruan Jatim selesai dan diresmikan Presiden Jokowi, (22/3/2021).. Proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) ini mampu menghidupi 1,3 juta orang.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan SPAM diperlukan untuk menjawab solusi penyediaan air bersih di wilayah Jatim. Sejalan target RPJMN di 2024 seluruh warga Indonesia sudah memiliki akses akses air bersih.

Proyek air minum regional Umbulan telah diinisiasi sejak 40 tahun lalu dan dimulai pembangunannya pada 2017 melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan PT. Meta Adhya Tirta Umbulan. Dengan biaya investasi Rp 2,05 triliun dengan besaran dukungan kelayakan dari pemerintah sebesar Rp 818 miliar.

“SPAM Umbulan ini prediksi maksimal 4.000 liter/detik, dan bisa memberi supply 1,3 juta warga di daerah yang dialiri, yaitu kabupaten Pasuruan, Sidoarjo, Gresik, juga Surabaya. Dengan 260 sambungan rumah tangga ini memberi kehidupan masyarakat untuk mengonsumsi air bersih,” jelas Khofifah dalam peresmian, (22/3/2021).

Targetnya 2024 seluruh suplai air bersih bisa diselesaikan di Jatim. Makanya jajarannya menyiapkan SPAM di beberapa titik regional lain. Mulai Pantura, Jatim Bagian Tengah juga di Madura. “Proyek ini mudah mudahan bisa menjadi referensi KPBU bisa menjadi jawaban akan percepatan di sektor air,” jelasnya.

(hoi/hoi; Emir Yanwardhana;  Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/news/20210322130744-4-231887/jokowi-resmikan-mata-air-raksasa-13-juta-orang-bisa-hidup)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close