Iptek dan Lingk. Hidup

Komputer tercepat didunia produk Tiongkok

BEIJING-Tiongkok melakukannya. Negeri Panda itu membuktikan tangguh, makin lepas dari ketergantungan teknologi Barat. Tgl 20/6 Sunway TaihuLight produksi Chinese Supercomputing Center jadi superkomputer tercepat di dunia. Top500 mengumumkan prestasi Negeri Panda itu setelah mensurvei terhadap superkomputer2 andal dunia.

 

“Ini menjadi akhir dari ketergantungan Tiongkok terhadap teknologi Barat dalam kompetisi superkomputer,’’ terang Top500 dalam situs resminya. Untuk kali pertama, seluruh komponen Sunway TaihuLight murni buatan Tiongkok. Termasuk microchip.

 

Generasi Sunway TaihuLight sebelumnya sebenarnya juga merupakan superkomputer tercepat dunia. Tapi, saat itu, microchip yang dipakai buatan Intel. Jika dibandingkan dengan superkomputer generasi sebelumnya, Tianhe-2, Sunway TaihuLight jauh lebih cepat.

 

Bahkan, pabrik yang terletak di Kota Wuxi, Provinsi Jiangsu, itu mengklaim Sunway TaihuLight dua kali lebih cepat ketimbang Tianhe-2. Artinya, microchip buatan Tiongkok lebih unggul dalam hal mengakses data ketimbang produksi Amerika Serikat (AS).

 

Melalui situs resmi, Top500 menjelaskan Sunway TaihuLight menggunakan prosesor SW26010 buatan Shanghai High Performance IC Design Center. ’’Prosesor itu benar2 buatan Tiongkok, bukan pengembangan dari yang sudah ada,’’ kata Jack Dongarra, pengajar di University of Tennessee yang menjadi salah seorang penggagas daftar Top500.

 

Dia menganggap prestasi tersebut sebagai awal kebangkitan teknologi domestik Tiongkok. Setiap tahun Chinese Supercomputing Center mampu melakukan dua kali produksi Sunway TaihuLight. Sejauh ini, superkomputer buatan perusahaan milik pemerintah itu banyak digunakan di bidang sains.

 

Yakni, penelitian ilmiah dan meteorologi alias ramalan cuaca. Kemarin Top500 menyatakan bahwa dua di antara sepuluh besar superkomputer tercepat dunia diproduksi di Tiongkok. Dalam surveinya, Top500 bekerja sama dengan para pakar dari Jerman dan AS.

 

Para pakar itulah yang menguji dan kemudian menilai superkomputer-superkomputer dari berbagai belahan dunia. Di antaranya Jepang, Swiss, dan Arab Saudi. Jika dibandingkan dengan tiga negara tersebut, Tiongkok dan AS memang mendominasi pasar superkomputer dunia.

 

Tiongkok memiliki 167 produk, dua poin lebih banyak daripada AS yang punya 165 produk. (afp/bloomberg/hep/c19/any; http://www.jpnn.com/read/2016/06/21/442785/Sambutlah!-Komputer-Tercepat-di-Dunia-dari-Tiongkok-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close