Iptek dan Lingk. Hidup

Hati2 pesan WA ini membuat Smartphone rusak

(inet.detik.com)-Jakarta; Pengguna WhatsApp diimbau untuk hati2. Pasalnya, kini beredar pesan berisi bug pada aplikasi chatting ini yang dapat merusak smartphone.

Dikutip dari Phone Arena, (12/5/18), pesan spam yang beredar adalah “This is very Interesting! …Read More” ditambah dengan emoji tertawa hingga mengeluarkan air mata. Masalah akan terjadi setelah si penerima tidak sengaja menekan pesan tersebut.

 

Dalam pesan itu ada simbol tersembunyi di antara spasi berupa malware. Bila ditekan dampak yang terjadi bisa beragam di masing2 ponsel. Ada yang hang, tapi sejumlah kejadian menyebabkan bootloop. Sekadar informasi, bootloop ini kejadian, perangkat tak bisa masuk ke dalam sistem operasi. Masalah ini bisa dilihat dari ponsel yang gagal dinyalakan dan hanya menampilkan logo ber-ulang2.

Selain pesan di atas, ada juga berisi suruhan mengetuk bagian pesan bergambar titik hitam besar. Bila si penerima tidak sengaja mengetuk titik hitam itu –dikenal denganblack dot of death– akan mengubah teks jadi html, yang berarti data pengguna telah berhasil dicuri dan akan membuat smartphone hang.

 

Upaya konfirmasi ke pihak WA, hal ini masih dilakukan oleh pengguna. Sejauh ini belum ada tanggapan dan belum diketahui berapa lama waktu yang diperlukan pihak WA menyelesaikan masalah ini. Sembari menunggu, jika mendapat pesan seperti itu, baiknya abaikan  demi mencegah kerusakan ponsel. (Afr; Afr; Raden Fadli Sumawijaya; Bahan dari :  https://inet.detik.com/mobile-apps/d-4016856/hati-hati-pesan-whatsapp-ini-bisa-bikin-smartphone-rusak)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close