Iptek dan Lingk. Hidup

Ditemukan ikan aneh di pantai Kalasey

MANADO, KOMPAS.com- Seorang polisi, Jefrry Nggala yang se-hari2 dinas di Polsek Urban Wanea menemukan ikan aneh dan langka, Minggu (7/8/2016).

 

“Ikan itu saya temukan di pantai Kalasey, Minahasa. Saat ditemukan ikan itu memang sudah mati, tetapi mungkin belum lama mati,” jelas Jefrry kepada Kompas.com. Ikan yang bentuknya mirip hiu dan aneh itu kini disimpan di rumahnya dengan pendingin es sambil menunggu pihak yang berkompoten menelitinya.

 

Jefrry pun memotret ikan itu dan mengunggahnya di akun Facebook miliknya. Postingan Jeffry sontak menarik perhatian banyak pihak, karena ikan unik tersebut tidak pernah terlihat sebelumnya.

“Waktu saya temukan, matanya berwarna ungu. Saya coba cari referensi di internet, mungkin ini ikan yang cukup langka,” kata Jefry.

 

Ikan berukuran panjang sekitar satu meter itu berwarna cokelat gelap dan mempunyai ekor dan sirip seperti hiu. Tetapi moncong dan matanya agak aneh.

Salah satu dosen dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Sam Ratulangi Manado, Dr Edwin Ngangi, mengaku telah mendapat informasi mengenai ikan tersebut.

 

“Kmi akan ke sana, untuk memeriksa jenis ikan tersebut,” ujar Ngangi. Beberapa pihak juga menyatakan ketertarikannya untuk ikut meneliti tentang ikan tersebut. Dalam dunia perikanan, perairan Sulawesi Utara dikenal masih menjadi tempat hidup ikan purba, Coelacanth atau Latimeria menadoensis.

 

Dari referensi situs, mungkin spesies yang ditemukan Jefrry itu Oxynotus brunensis. (Ronny Adolof Buol; Farid Assifa; http://regional.kompas.com/read/xml/2016/08/08/07180031/Seorang.Polisi.Temukan.Ikan.Aneh.di.Pantai.K)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close