Opini dan sukses bisnis

Turjangun dirikan pabrik pupuk hasilnya mengejutkan

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN-Ketika pekerjaan petani banyak ditinggalkan generasi muda, Turjangun (46) petani Manggisan Desa Amongrogo Kec-Limpung Pekalongan dapat penghargaan dari bertani. Kegigihan menekuni pertanian menghantarkannya sebagai petani berprestasi ke tingkat nasional.

 

Berbekal pendidikan ijazah paket C dan berlatar belakang dari pondok pesantren tidak menyurutkan semangatnya menjadi petani profesional. Turjangun mengakui mulai menggeluti pertanian secara aktif sejak tahun 2000 dan memiliki lahan pertanian dengan luas 5.000 meter persegi.

 

Lahannya ditanami padi, jagung dan pembibitan sengon yang cukup untuk menghidupi keluarga.

“Awalnya saya cuma bertani, tapi kemudian saya melakukan penelitian pupuk organik,” kata dia, Selasa (23/8/16).

 

Turjangun membuat lab-pertanian membuat pupuk organik dan hasilnya bisa diterima petani. Lalu dia beranikan mendirikan wirausaha pembuatan pupuk organik cair bermerek tabur mas dan pernah dilombakan tingkat nasional.

 

“Lomba itu diselenggarakan Yayasan Teknologi Hijau dan juara I dengan hadiah 10.000 US Dolar atau Rp 118 juta,” katanya. Perkembangan usahanya yang bagus, membuatnya mendirikan pabrik pada 2010 : PT. Agro Lestari Makmur Nusantara, yang memproduksi macam2 pupuk organik cair. Kini pemasarannya tidak di Jawa sampai ke Sumatera, Aceh, Marauke, dan Papua.

 

Omzet pupuk cair yang didirikan sejak 2010 itu Rp 975 juta per bulan dengan mengkaryakan masyarakat sekitar. “Sudah berbagai TV swasta nasional meliput kegiatan Pabrik Pupuk saya, dan sering dikunjungi duta wisata dari jerman untuk belajar bersama,” kata Turjangun.

Turjangun telah mengikuti seleksi mulai tingkat Kabupaten Januari 2016, juara I tingkat Prop Jateng, dan terpilih sebagai petani berprestasi tingkat nasional Tahun 2016.

Turjangun diundang di Sidang Paripurna dengan agenda mendengar Pidato presiden dan ikut Upacara HUT RI di Istana Merdeka Jakarta 17/8/16. (Akung Pras; sumber Wartawan Tribun, Raka F Pujangga

; http://jateng.tribunnews.com/2016/08/23/berbekal-ijazah-paket-c-turjangun-dirikan-pabrik-pupuk-kini-penghasilan-perbulannya-mengejutkan)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close