Kesehatan

Hindari otak bermasalah

Kompas.com-Otak manusia berperan mengontrol tindakan hingga refleks tubuh untuk bergerak. Jika otak mengalami masalah, aktivitas se-hari2 dapat terganggu. Tanpa kita sadari, banyak kebiasaan sehari-hari yang mengganggu kinerja otak.

 

Akibatnya bisa muncul rasa mengantuk yang berlebihan hingga sulit konsentrasi. Seperti dikutip dari Boldsky.com Ini dia 7 kebiasaan yang harus dihindari karena dapat membuat otak bermasalah.

 

  1. Tidak sarapan
    Jangan melewatkan sarapan bergizi baik setiap hari. Tidak sarapan tak hanya membuat tubuh kurang berenergi, tetapi juga sulit berkonsentrasi. Tidak makan pagi ibarat tidak memberikan nutrisi untuk otak bekerja.

 

2-Makan berlebihan
Terlalu banyak makan tak hanya bisa menyebabkan kegemukan dan akhirnya mengundang berbagai penyakit. Asupan makanan yang tidak sehat bisa membuat otak tidak mendapat nutrisi penting untuk tetap sehat dan bekerja dengan baik.

 

3-Telat tidur
Seperti tubuh, bagian otak juga perlu istirahat setidaknya 6-7 jam per hari. Tidur yang cukup akan memberikan waktu untuk otak besar dalam memperbaiki sel yang rusak di tubuh. Hindari kebiasaan tidur larut malam atau bergadang yang mengurangi jam tidur.

 

4-Banyak konsumsi gula
Banyak penelitian mengungkap efek konsumsi gula berlebihan terhadap otak. Banyak konsumsi makanan tinggi gula ternyata bisa memengaruhi proses berpikir dan emosi seseorang. Di samping itu, gula berlebihan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, hingga jantung koroner.

 

5-Tidak mengganti pakaian tidur
Hindari kebiasaan tertidur dengan mengenakan pakaian kerja atau setelah pulang sekolah. Meski lelah, jangan dulu sentuh tempat tidur sebelum berganti pakaian. Jika tertidur masih memakai dasi, kaus kaki, ikat pinggang, atau mungkin syal, dapat mengganggu pasokan oksigen ke tubuh, terutama otak.

 

6-Merokok
Tak dapat dipungkiri lagi, merokok dapat berbahaya bagi kesehatan otak. Berbagai zat kimia dalam rokok dapat meracuni otak. Jangan anggap remeh, berhenti merokok sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

7-Kurang minum
Jangan lupa anjuran minum 8 gelas per hari. Ini salah satu cara memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehifrasi. Dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) berdampak buruk pada fungsi otak. (Dian maharani; Lusia Kus Anna; Boldsky; http://health.kompas.com/read/2016/08/27/200000023/Tak.Mau.Otak.Bermasalah.Hindari.7.Kebiasaan.Ini)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close