Kesehatan

Mengobati Gatal di Badan(1/2)

(mediskus.com)-Ketika kulit gatal, di seluruh badan atau bagian tertentu, ini sangat menjengkelkan. Apalagi gatal2 terjadi di malam hari, bisa2 begadang semalaman jika tidak segera diatasi. Ada banyak cara mengobati gatal2 di badan, dengan obat2an atau alami, semua akan dibahas di sini dalam 2 seri

 

Fenomena kulit terasa gatal ada banyak faktor yang melatarinya. Mulai dari gigitan nyamuk, serangga lain, atau usai bersentuhan dengan jenis tanaman tertentu. Penyakit2 kulit turut berperan, seperti psoriasis, eksim, biduran, kurap, kudis, dsb.

Penyakit dalam juga bisa menyebabkan gatal2 di kulit, misalnya gangguan liver. Kulit terlalu kering, atau luka lama yang mau sembuh juga bisa menyebabkannya. Apapun penyebabnya, ada berbagai cara mengobati gatal2 yang bisa dilakukan sendiri, di antaranya :

 

1-Oatmeal

Hasil studi : Oatmeal aman dan dapat menghilangkan gatal di badan, terutama kulit yang sebelumnya memiliki luka lepuh atau bernanah akibat cacar air, biduran, alergi, atau luka bakar. Oatmeal yang dimaksud adalah tipe koloid : Oat yang berupa bubuk halus. Bahan ini sering ditambahkan dalam produk sabun atau losion.

 

Anda dapat membelinya, atau membuat sendiri dengan menumbuk/ memblender halus gandum mentah. Cara menghilangkan gatal di badan dengan oatmeal mudah saja. Selain menggunakan produk yang mengandung oatmeal tadi, Anda dapat mencampurkan bubuk oat ke dalam air mandi.

 

2-Gel Lidah Buaya atau Krim penyejuk

Bicara mengobati gatal2, tentunya gel penyejuk seperti lidah buaya tak boleh sampai terlewatkan. Gel lidah buaya ampuh menghilangkan gatal di badan sekaligus menyejukkannya, khususnya bila disebabkan gigitan nyamuk atau luka bakar.

 

Selain lidah buaya, Anda juga dapat memakai produk yang mengandung cooling menthol atau calamine. Guna memaksimalkan efek dinginnya, simpanlah produk ini dalam lemari es.

 

3-Pelembab berkualitas tinggi

Disebutkan di awal, salah satu penyebab gatal, karena kulit dalam kondisi kering. Belilah produk pelembab berkualitas tinggi yang bebas zat pewangi jika kulit mudah kering. Pelembab yang bagus mampu menahan air pada lapisan terluar kulit sehingga membuatnya tetap terhidrasi dan tidak gatal. Contoh pelembab berkualitas tinggi adalah Cetaphil dan Eucerin.

 

4-Kompres dingin

Usai digigit nyamuk – ketimbang menggaruknya, ada cara menghilangkan gatal di badan yang lebih efektif dan tidak meninggalkan bekas luka. Caranya menjaga bagian tersebut tetap dingin/ sejuk.
Anda bisa mengkompres dingin, kain basah, atau kantong plastik isi es di atasnya (5-10) menit, atau hingga sensasi gatalnya hilang. Mandi gunakan air dingin juga membantu. Hindarkan area itu dari suhu/ air panas agar tak semakin iritasi. (Mega Aprilianti; Sumber: 9 Cara Mengobati Gataal2 di Badan dengan cepat-Mediskus dan   https://mediskus.com/tips/cara-mengobati-gatal-gatal-di-badan)-FatchurR *** Bersambung………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close