Kesehatan

Pengalaman berpenyakit Vertigo

Saya pernah mengalami vertigo selama lebih dari 3 tahun cukup kronis karena tiap saat menengadah keatas baik itu telentang atau berdiri mendongak keatas pasti saya sdh merasa berputar2 hilang keseimbangan perut teraduk2 mual.

 

Itu 8 tahun yl. Alhamdulillah sejak saya menggunakan juice buah mengkudu awalnya 3kali sehari 150 cc dlm 2 bulan sembuh sampai kini sehat2 saja, untuk menjaga kesehatan sy tetap minum dlm sehari 1 kali 150 cc kalau skrg hanya kadang2 u menjaga kadar gula darah total terkendali.

 

Juice mengkudu awalnya saya beli di Jakarta di Jl Caringin disamping RSUD. Sudah lama sy buat ramuan  10 buah mengkudu/ pace yg tua masih Segar/ mengkal diparut / dicacah blender dg air 2 gelas lalu saring agar tahan lama pakai 1 sdm madu dan  1 sdm cuka apel. In syaa Allah sembuh. (Soenarto SA; dari grup WA-VN)-FR

———

 

Tentang Vertigo dari sumber lain :

Vertigo merupakan suatu gejala dengan sensasi diri sendiri atau sekeliling terasa berputar yang terjadi tiba2. Ada kondisi vertigo yang ringan serta tidak terlalu terasa dan ada yang parah sehingga menghambat rutinitas.

 

Serangan vertigo bisa bervariasi, mulai dari pusing yang ringan dan muncul secara berkala hingga yang parah dan berlangsung lama.  Serangan yang parah bisa terus berlangsung selama beberapa hari sehingga penderitanya tidak bisa beraktivitas dengan normal.

 

Gejala Lain yang Menyertai Vertigo

Gejala lain yang berhubungan dengan vertigo adalah kehilangan keseimbangan. Tanda2 ini memicu pengidap vertigo mengalami kesulitan berdiri atau berjalan, mual, muntah, berkeringat, kadang disertai nistagmus (gerakan mata yang tidak normal) dan pusing.

 

Harap konsultasikan ke dokter jika vertigo Anda tak kunjung sembuh. Dokter biasanya akan menanyakan gejala Anda, melakukan pemeriksaan sederhana, serta menganjurkan pemeriksaan lebih lanjut. Terutama apabila frekuensi vertigo termasuk sering dialami, sehingga diagnosis vertigo bisa dipastikan.

 

Berbagai Penyebab Vertigo

Vertigo biasanya disebabkan oleh gangguan pada telinga bagian dalam. Gangguan ini akan memicu masalah mekanisme keseimbangan tubuh. Sementara penyebab umum lainnya meliputi:

 

  • Vertigo Posisi Paroksismal Jinak atau istilah umumnya Benign Paroxysmal Positional Vertigo (BBPV) – vertigo yang dipicu oleh perubahan posisi kepala tertentu.
  • Migrain – sakit kepala tidak tertahankan.
  • Penyakit Meniere – gangguan yang menyerang telinga bagian dalam.

 

  • Vestibular neuronitis, yaitu inflamasi saraf vestibular pada telinga bagian dalam.
  • Gangguan pada otak, misalnya tumor.
  • Obat2an tertentu yang menyebabkan kerusakan telinga.
  • Trauma atau luka di kepala dan leher.

 

Pengobatan dan Pencegahan Vertigo

Vertigo termasuk gejala dan bukan penyakit. Karena itu, cara mengatasi vertigo tergantung penyakit yang menyebabkannya. Sebagian kasus vertigo bisa sembuh tanpa pengobatan. Hal ini karena otak berhasil beradaptasi dengan perubahan pada telinga bagian dalam. Ada juga beberapa penyebab vertigo yang butuh langkah pengobatan khusus. Di antaranya adalah:

 

  • Manuver Epley untuk menangani BBPV.
  • Obat-obatan, seperti prochlorperazine dan antihistamin. Namun, obat-obatan ini biasanya hanya efektif untuk tahap awal dan sebaiknya tidak digunakan jangka panjang.
  • Terapi rehabilitasi vestibular guna membantu otak untuk beradaptasi dengan sinyal membingungkan dari telinga yang jadi penyebab vertigo, sehingga frekuensinya berkurang.

 

Selain penanganan dari dokter atau ahli terapi, kita juga bisa melakukan sejumlah cara untuk mengurangi atau mencegah gejala-gejala vertigo. Langkah-langkah tersebut meliputi:

  • Menghindari gerakan secara tiba-tiba agar tidak terjatuh.

 

  • Segera duduk jika vertigo menyerang.
  • Gunakan beberapa bantal agar posisi kepala saat tidur menjadi lebih tinggi.
  • Gerakkan kepala secara perlahan-lahan.
  • Hindari gerakan kepala mendongak, berjongkok, atau tubuh membungkuk.

 

  • Kenalilah pemicu vertigo Anda dan berlatih yang dapat memicu vertigo Anda. Otak Anda akan terbiasa dan malah menurunkan frekuensi kambuhnya vertigo. Lakukan latihan ini dengan meminta bantuan orang lain.
  • Bagi Anda yang juga menderita penyakit Meniere, batasi konsumsi garam dalam menu sehari-hari. (http://www.alodokter.com/vertigo)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close