Aku cinta Indonesia

14 Wanita Indonesia berprestasi-Layak jadi Inspirasi(1/3)

(halomoney.co.id)-Bangsa Indonesia bisa bangga karena punya banyak Tokoh Wanita berprestasi yang layak jadi Inspirasi. Berikut 14 (semula 15) Wanita Indonesia dimaksud yang patut jadi teladan.

 

Tanggal 21/4 di Indonesia diperingati sebagai Hari Kartini. Raden Ajeng Kartini (RA Kartini) jadi simbol gerakan emansipasi atau persamaan hak antara lelaki-perempuan. Saat ini, telah banyak muncul Kartini2 modern yang layak menjadi inspirasi dan teladan bagi anak bangsa, terutama anak muda.

 

Kartini2 era modern ini memberikan teladan yang baik tentang kemandirian, kecerdasan, kepiawaian di masing-masing bidang. Para wanita inspiratif ini juga telah mengharumkan nama Indonesia di seluruh dunia. Mari melihat bersama:

 

1-Sri Mulyani

Sri Mulyani Indrawati, sosok Kartini modern yang sudah tidak diragukan lagi kapabilitasnya. Dikenal di publik pertama sebagai ekonom, kini Sri Mulyani atau biasa pula dikenal dengan sebutan SMI, diakui sebagai salah satu wanita berpengaruh di dunia.

 

SMI menjabat sebagai Menteri Ekonomi di Kabinet pemerintahan Presiden Jokowi. Sebelumnya, SMI pernah menjabat posisi bergengsi sebagai Managing Director World Bank.

 

2-Mari Elka Pangestu

Mari Elka Pangestu, tokoh perempuan di Indonesia yang berpengaruh. Mari menjabat sebagai menteri di bawah banyak presiden. Beliau pertama menjabat di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (2004) sebagai menteri perdagangan.

 

Mari terakhir menjabat sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif di bawah Presiden SBY. Mengawali karir publik sebagai ekonomi CSIS, Mari wanita Tionghoa Indonesia pertama yang memegang jabatan tinggi (menteri). Kini Mari menjadi Board of Advisor Indonesia Services Dialogue Council (ISD)

 

Terakhir, beliau mendapatkan gelar doctor honoris causa dari Australia National University (ANU) atas pencapaiannya memajukan ekonomi Indonesia. (Ferdinand Chen;  Bahan dari :   https://www.halomoney.co.id/blog/15-wanita-indonesia-berprestasi-layak-jadi-inspirasi)-FatchurR *** Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close