Kesehatan

Lima Gejala TBC Yang Harus segera Ditangani Dokter

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA; Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia dirayakan pada 24/3 tiap tahun. TBC, penyakit tersembunyi yang mungkin tidak dianggap sebagai masalah serius sampai jadi terlalu serius.

Penyakit ini menyerang lebih banyak orang di negara2 berpenghasilan menengah dan rendah, seperti India. Pada 2012, sekitar 8,6 juta orang mengidap TBC, dan 1,3 juta diantaranya wafat karena penyakit ini, dan jumlahnya telah serupa sejak itu.

Penting mengetahui penyakit yang umum dan fatal ini. TBC jelas gejalanya harus ditanggapi serius, dan memulai perawatan sesegera mungkin untuk memastikan penyakitnya tidak mematikan. Gejala yang umum yang dapat disalahartikan sebagai pilek dan batuk biasa, atau gejala penyakit lain : Batuk yang berlangsung ber-minggu2, kelelahan, demam, menggigil dan berkeringat di malam hari.

 

Gejala2 ini membuat Anda berpikir bahwa hanya di bawah cuaca dan obat OTC, umum akan menyembuhkan masalah ini. Jika gejala2 ini disertai gejala TBC yang tidak biasa seperti berikut, pastikan Anda ke dokter sesegera mungkin. Berikut gejala TBC yang harus diwaspadai, dilansir dari Times Now News.

 

Batuk darah

Batuk normal dapat disebabkan infeksi virus yang Anda alami karena cuaca, atau hanya berada di sekitar seseorang yang terinfeksi. Namun, jika Anda batuk darah saat batuk normal, itu hal yang harus diwaspadai. Ini bisa menjadi gejala TB aktif dan Anda harus segera ke dokter.

 

Kehilangan selera makan

Tidak merasa lapar ketika Anda sakit adalah normal, tetapi ketika masalah terjadi untuk jangka waktu lama, itu berarti Anda lebih sakit daripada yang Anda kira. Jika gejala2 di atas disertai dengan hilangnya nafsu makan dalam waktu lama, Anda harus memeriksakan diri.

 

Efek pada organ lain

Jika TBC terjadi di luar paru2, itu akan mempengaruhi organ lain secara berbeda dan Anda harus tahu gejala2 ini. Anda harus waspada terhadap gejala2 ini juga untuk mendeteksi masalah sejak dini. Jika Anda menderita TBC tulang belakang, Anda mungkin mengalami sakit punggung, dan TBC ginjal dapat menyebabkan darah dalam urin Anda.

 

Sakit dada

Salah satu gejala TBC yang umum dan serius itu nyeri dada. Kebanyakan orang mengaitkannya dengan batuk dan pilek dan tidak menganggap serius. Nyeri dada kronis juga terjadi jika Anda alami serangan jantung, dan karena itu Anda harus mengunjungi dokter jika rasa sakitnya sangat sering muncul.

 

Berkeringat di malam Hari

Sesuatu yang mungkin terasa seperti kondisi cuaca saja, dan Anda berkeringat di malam hari bisa jadi gejala suatu penyakit. Jika Anda berkeringat terjadi tanpa alasan dan disertai gejala2 lain di atas, Anda harus segera ke dokter. (tdy; Diana Rafikasari; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1389854/155/5-gejala-tbc-yang-harus-segera-ditangani-dokter-1553502995)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close