Kesehatan

Cara Menyimpan Masker Aman Dan Tepat

(lifestyle.sindonews.com)-JAKARTA;  Memakai Masker jadi kebiasaan yang sangat efekif untuk memutus rantai penularan Covid-19. Sejak pandemi melanda dunia, masker (bedah/medis, atau masker non-medis) sebagai alat perlindungan penting dan wajib dipakai saat beraktivitas di luar rumah.

Meski bermasker jadi kewajiban saat keluar rumah. Namun, tak ditampik ada yang tidak memahami cara menyimpan masker dengan aman dan tepat. Menyimpan masker tak boleh dilakukan sembarangan, jika asal-asalan, masker yang bersih bisa jadi kotor dan terkontaminasi. Sehingga fungsi awalnya untuk melindungi dari paparan droplet pembawa virus corona bisa hilang.

Bagaimana menyimpan masker dengan tepat? Mengutip CDC, Rabu (31/3/2021) sesuai panduan yang dikeluarkan Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, penyimpanan masker yang tepat dipisahkan dalam dua kategori, pertama masker basah atau kotor. Lalu yang kedua adalah untuk masker yang tidak basah dan tidak kotor alias bersih.

Cara pertama masker basah, artinya masker ini kotor. Baik basah kena keringat, air liur, riasan, cairan atau zat lain. Maka simpan masker basah itu dalam kantong plastik tertutup sampai Anda tiba di rumah dan bisa mencucinya. Cuci masker basah atau kotor sesegera mungkin agar tidak berjamur, perlu diketahui masker basah itu sulit untuk dihirup dan kurang efektif untuk dipakai melindungi diri.

Untuk penyimpanan masker kering dan bersih, siapkan kantung bersih, (paper bag sebagai wadah). Bisa simpan masker untuk digunakan lagi. Lepas masker dengan benar dan cuci tangan setelah menyentuh masker bekas. Simpan di kantong kering (seperti kantong kertas atau kain jaring) agar tetap bersih di sela-sela penggunaan. Saat digunakan kembali, pertahankan sisi yang sama menghadap ke bagian luar.

Jika melepas masker mau makan-minum di luar rumah, masker letakkan dengan aman agar tetap bersih. Contoh : Saku, kantong kertas, atau kini pouch mini khusus masker. Pastikan untuk mencuci/bersihkan tangan setelah melepas masker. Setelah makan, kenakan kembali masker dengan sisi sama menghadap ke luar. Pastikan mencuci atau mensterilkan tangan kita lagi setelah kembali memakai masker.

(wur; Rizky Pradita Ananda  Bahan dari  : https://lifestyle.sindonews.com/read/382462/155/cara-menyimpan-masker-dengan-aman-dan-tepat-ini-tipsnya-1617181430)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close