Kesehatan

Waspadai risiko Obesitas

TIAP perubahan tubuh menjadi petunjuk atau peringatan agar kita lebih peduli menjaga kesehatan.

Sama juga, bahaya kegemukan, berat badan berlebih dan perut buncit bisa timbulkan banyak masalah. Disamping menurunnya percaya diri, juga masalah kesehatan. Berikut bahaya kesehatan akibat obesitas, dilansir laman MSN (12/9).

 

1-Tekanan Darah Tinggi.

Peningkatan berat badan menyebabkan kesulitan menggerakkan darah ke seluruh tubuh, sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi. Pastikan berolahraga karena membantu mengontrol tekanan darah Anda. Menurut Mayo Clinic, aktivitas fisik secara teratur membuat jantung Anda lebih kuat.

 

Jantung yang kuat bisa memompa lebih banyak darah dengan sedikit usaha. Jika jantung Anda bekerja lebih sedikit memompa, maka arteri menurun, yang berarti juga akan menurunkan tekanan darah Anda.

 

2-Diabetes Tipe 2.

Obesitas adalah faktor risiko no. 1 untuk diabetes tipe 2. Hampir 90% dari orang yang hidup dengan diabetes tipe 2 kelebihan berat badan atau memiliki obesitas. Yang kelebihan berat badan, menambah tekanan pada kemampuan tubuhnya menggunakan insulin dan mengontrol kadar gula darah dengan benar. Karena itu orang gemuk, lebih mungkin mengembangkan diabetes.

 

3-Penyakit Jantung dan Stroke.

Obesitas membuat Anda lebih mungkin berkolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, yang keduanya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kabar baiknya, kehilangan 5-10% dari berat badan Anda telah terbukti menurunkan kesempatan mengembangkan penyakit jantung.

 

4-Osteoarthritis.

Individu dengan obesitas menempatkan tekanan pada lutut, pinggul dan punggung mereka. Hal ini bisa memengaruhi sendi mereka dan merusak tulang rawan yang melindungi, yang mengakibatkan Osteoarthritis.

 

5-Sleep Apnea.

Sleep Apnea, faktor risiko umum untuk obesitas. Ini gangguan tidur yang menyebabkan orang bangun sepanjang malam, karena mereka berhenti bernapas. Hal ini menyebabkan mereka merasa lelah di siang hari. Hal ini juga bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes, depresi dan sakit kepala.

 

6-Lower Back Pain.

Individu obesitas ber-risiko nyeri punggung bawah dan tulang belakang juga dipengaruhi. Menurut Institute for Spine & Scoliosis, salah satu daerah tulang belakang yang ter-rentan ber-efek dari obesitas , tulang belakang lumbal. Ketika Anda obesitas, maka tulang belakang dipaksa mengasimilasi beban. Hal ini bisa menyebabkan kompromi kerusakan struktural.

 

7-Kanker.

Kanker tertentu seperti usus, ginjal, payudara dan esofagus terkait obesitas. Studi juga telah melaporkan hubungan antara obesitas dan kanker kandung empedu, ovarium dan pankreas. (fny/chi/jpnn; http://www.jpnn.com/read/2016/09/13/467073/Ketahui-7-Bahaya-ini-yang-Terjadi-Akibat-Obesitas-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close