Kesehatan

Mengatasi Iritasi Mata dengan Kandungan dari Kulit Kayu

(1health.id)- Sebuah senyawa yang terkandung di daun dan kulit kayu Hamamelis Virginiana (sejenis semak asal dari Amerika Utara) mampu membantu peradangan di dalam tubuh. Senyawa yang dikenal “Witch hazel” bersifat obat yang kuat, sehingga dapat digunakan dalam berbagai cara.

 

Witch hazel dikenal karena kemampuannya meredakan peradangan dan menenangkan kulit yang sensitif. Anda bahkan juga bisa menambahkannya ke dalam teh herbal dan diminum sebagai pengobatan alami untuk beberapa kondisi lain.

 

Tak hanya berkhasiat untuk kulit, kemampuan witch hazel untuk mengatasi peradangan juga cocok untuk dimanfaatkan dalam mengatasi iritasi pada mata, bahkan memberikan efek sejuk saat digunakan.

Beberapa manfaat yang dimiliki oleh witch hazel ialah:

 

Meredakan Peradangan

Witch hazel mengandung banyak senyawa bersifat anti-inflamasi yang kuat, termasuk asam galat dan tanin. Witch hazel juga mengandung antiokidan yang dapat mencegah peradangan meluas serta menetralkan radikal bebas, senyawa penyebab penyakit di tubuh Anda. Studi menunjukkan witch hazel yang dioleskan dapat efektif mengurangi peradangan dan membantu menenangkan kulit Anda.

 

Menangkal Infeksi

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa witch hazel juga bermanfaat dalam memerangi beberapa jenis infeksi virus. Salah satu penelitian tabung reaksi menemukan bahwa tanin dalam witch hazel menunjukkan efek antivirus terhadap influenza A dan human papillomavirus (HPV).

 

Studi tabung lain menunjukkan bahwa ekstrak witch hazel menghambat aktivitas herpes simplex virus 1. Meski begitu, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan untuk melihat efek witch hazel dan dampak potensialnya pada melawan infeksi virus pada orang dewasa.

 

Melihat sejumlah manfaat yang diberikan witch hazel, maka tak heran banyak produk yang mengambil khasiat witch hazel untuk mengatasi berbagai kondisi. Misalnya saja produk Y-rins, yakni produk pencuci mata yang diklaim membantu mencegah iritasi, membuat mata lebih relaks, mengurangi “mata panda”, dan membuat mata jadi lebih bersih, sejuk dan segar.

 

“Obat ini dapat digunakan tiap hari mengatasi mata pegal, juga dapat mengatasi mata yang iritasi. Terutama bagi orang2 yang memakai lensa kontak, mata pasti akan lebih sering pegal, di malam hari sebelum beristirahat, Anda bisa mencuci mata Anda dengan obat ini setelah melepas lensa kontak. Ini bisa membuat mata Anda segar keesokan paginya,”

 

Tutur Nofa Sumawarti selaku Head of Marketing Fahrenheit, saat ditemui dalam Media Gathering bersama Fahrenheit di bilangan Jakarta Pusat, Rabu (16/01).

 

Ada produk2 lain yang sudah bersertifikasi halal seperti Thromboflash untuk mengatasi luka dalam seperti lebam dan memar untuk semua jenis kulit tanpa menimbulkan reaksi alergi, dan juga Renalyte yakni larutan streil pengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. (Article By Claudia Ramadhani; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/atasi-iritasi-mata-dengan-kandungan-dari-kulit-kayu.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close