Aku cinta Indonesia

Kominfo Uji Coba 700 MHz untuk Mitigasi Bencana

(cnnindonesia.com)-JAKARTA, Menkominfo Rudiantara mengatakan akan menguji coba penggunaan frekuensi 700 megahertz (mHz) untuk manajemen kebencanaan pada 2019. Uji coba ini menggunakan frekuensi 700 MHz untuk Public Protection and Disaster Relief (PPDR).

Uji coba ini tidak akan menunggu Revisi UU Penyiaran karena kebutuhan Indonesia dalam mitigasi bencana. “Standar PPDR itu untuk disaster recovery ada di frekuensi 700 MHz. Di Indonesia masih digunakan TV analog. Bencana itu kan gak bisa nunggu. Masa kita bilang ‘Wahai bencana jangan dulu bencana ini kita belum Revisi UU’,” ujarnya usai rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kantor DPR RI (16/1).

 

Uji coba ini membuat agar sistem manajemen bencana terintegrasi dengan negara lain. Pasalnya, patahan2 (sesar) di Indonesia juga nyambung ke Malaysia-Thailand. “Pemerintah menetapkan membuat program terintegrasi dari early warning system, tanggap darurat, hingga dekonstruksi, semua terintegrasi. Uji coba ini untuk mendukung program ini,” tutur Rudiantara.

Rudiantara mengatakan saat ini frekuensi 700 MHz di pulau Jawa sudah banyak digunakan oleh stasiun TV. Karena itu, dia mengatakan akan menguji coba di luar Jawa : di Papua, Sumatera, dan Kalimantan.

Rudiantara mengatakan Komisi DPR I mendukung Kominfo menguji coba. Uji coba ini akan fokus ke daerah2 rawan bencana alam di luar Jawa.  “Pulau jawa hampir semua tertutup TV. Kalau kita lihat yang lain di luar Jawa akan uji coba daerah patahan dan daerah gunung berapi yang rawan bencana” katanya

Dia jelaskan frekuensi ini akan digunakan uji coba aplikasi2 kebencanaan. Rudiantara menjelaskan dalam uji coba ini pihaknya akan berkoordinasi dengan BNPB, Badan Meteorologi, BMKG, dan Badan Informasi Geospasial (BIG)

“Ini untuk uji coba aplikasi2 kebencanaan, misalkan early warning signal bisa dipakai apa. Band-nya itu bisa dipakai untuk trigger sirine, jadi aplikasi macam-macam semua berkaitan dengan kebencanaan,” ujar Rudiantara. (jnp/age; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190117171135-213-361640/kominfo-akan-uji-coba-700-mhz-untuk-mitigasi-bencana-alam)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close