Aku cinta Indonesia

Jika Subsidi Listrik Dialihkan Ke PLTS Atap

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Pemerintah mengejar target bauran energi baru terbarukan (EBT) jadi 23% (2025) dari kini baru 9,15%. Salah satu upaya untuk mendorong bauran EBT ini melalui pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang masif.

 

Direktur Aneka EBT Kementerian ESDM Harris mengatakan program yang dibahas, surya nusantara. Untuk mewujudkan program ini ada rencana memakai anggaran dari subsidi listrik. Anggaran subsidi listrik direncanakan dialihkan untuk pemasangan PLTS Atap. Subsidi listrik selama ini ditujukan bagi pelanggan golongan 450 VA sekitar 24 juta pelanggan dan golongan 900 VA sekitar 2-3 juta pelanggan.

 

“Itu yang kita coba targetkan, salah satu konsep akselerasi pengembangan PLTS Atap. Perlu disadari, untuk alihkan subsidi itu bukan perkara mudah, karena harus dibahas di DPR, jadi ke sana masih jauh,” ungkapnya dalam konferensi pers virtual,  (16/09/20).

 

Dia mengatakan tidak perlu khawatir adanya PLTS Atap ini bakal menggerus pasar PLN. Berdasarkan perhitungan, penetrasi dari pelanggan besarannya 1% dari total seluruh pelanggan di Indonesia.

 

Sampai Semester I 2020 pelanggan PLN  yang memasang PLTS Atap baru 2.346 pelanggan dengan total kapasitas terpasang 11,5 MW. “Kalau berkaca dari implementasi hari ini, yang kita targetkan satu juta PLTS Atap, baru 2.350-an pelanggan (pasang PLTS Atap) kapasitasnya baru 11,5 MW. Itu sangat kecil dan sangat tidak perlu dikhawatirkan,” paparnya.

 

Beberapa wilayah yang pasang PLTS Atap terbanyak di Jakarta 703 pelanggan, Jabar 656 pelanggan, Banten 544 pelanggan. Lalu diikuti Jawa Timur 191 pelanggan, Jawa Tengah dan DIY sebanyak 95 pelanggan, Bali 91 pelanggan, dan Aceh 24 pelanggan.

 

“Sebaran paling banyak di Jakarta, Jabar, Banten, dan diikuti Jatim, Jateng, Yogya, Bali, dan Aceh. Ini progress yang sudah terpasang,” kata Harris.

 

(wia; Anisatul Umah; Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/news/20200916185716-4-187389/kalau-subsidi-listrik-dialihkan-ke-plts-atap-kamu-sepakat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close