Islam

Ilmu (TA 128)

Apapun profesi anda sekarang, pengacara, petani, ahli teknik ataupun dokter, tentu memiliki ilmu. Ilmu yang anda miliki sekarang tentu lebih maju dari ilmu generasi-generasi sebelum kita. Hampir semua ilmu itu berkembang dari temuan-temuan sebelumnya.

Tidak akan ada kereta peluru yang kecepatannya 300 km per jam bila dahulu 5.500 tahun yang lalu tidak diketemukan roda, oleh orang Sumeria (daerah Irak). Roda adalah benda pipih berbentuk lingkaran yang bisa berputar dengan poros ditengah. Bangsa Eropa dimana kereta cepat sekarang bersliweran baru mengenal roda lebih dari 2.000 tahun kemudian.

Lalu siapakah manusia yang memiliki ilmu yang pertama kali? Disebutkan dalam Al Qur’an. “Dia mengajarkan kepada Adam nama2 (benda-benda) seluruhnya, lalu mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda2 itu jika kamu mamang benar orang2 yang benar!”.(QS Al Baqarah 2:31).

Nabi Adam-lah yang diajarkan ilmu untuk pertama kalinya oleh Allah SWT. Allah pulalah yang membedakan mahluk manusia dengan mahluk lainnya. Hanya manusia yang bisa merekam ilmu yang sudah dimilikinya kemudian dikembangkan generasi demi generasi sampai wujud dunia seperti sekarang ini.

Semua ilmu itu milik Allah, manusia dengan ijinnya hanya memiliki setitik ilmu atas karunia-Nya, “Seandainya seluruh pohon yang ada di bumi berubah menjadi pena, dan seluruh air laut yang sangat banyak itu menjadi tinta untuk digunakan untuk menuliskan ilmu Allah (kalimât), niscaya pena-pena itu akan rusak dan air laut itu akan habis sebelum habisnya ilmu Allah. Karena Allah Mahaperkasa, tidak ada sesuatu pun yang dapat mengalahkan-Nya; Mahabijaksana, tidak ada sesuatu pun yang keluar dari ilmu dan hikmah-Nya. Maka ilmu dan hikmah-Nya tidak akan ada habisnya”.( QS Luqman 31:27)-(Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close