Iptek dan Lingk. Hidup

Bandung akan punya Kereta Metro Kapsul

Bandung-Pemkot Bandung dan Kemenhub berencana bangun Metro Kapsul awal 2017. Kereta rel melayang ini dibangun di jalur tersibuk di Kota Bandung. Metro Kapsul ini mulai dari Jalan Stasiun Barat ke Jln Pasir Kaliki, Jln Kebon Jati, Jln Otto Iskandardinata, Jln Dalem Kaum, Jln Dewi Sartika, Jln Kepatihan kembali ke Jln Otto Iskandardinata menuju ke Stasiun Bandung.

Metro Kapsul diproduksi di Subang, Jawa Barat, ini beroperasi di jalur sepanjang 2.850 meter. Platform Metro Kapsul rencananya didirikan di tiga titik yaitu Terminal Angkot Stasiun Hall, Pasar Baru Trade Center dan pedestrian di Jalan Dalem Kaum.

Dalam sekali beroperasi, ada 4 unit Metro Kapsul yang berjalan beriringan dan dikemudikan secara otomatis. Pihak PT Teknik Rekayasa Kereta Kapsul (Trekka) selaku produsen juga telah menyiapkan dua unit Metro Kapsul cadangan.

Moda transportasi baru ini akan beroperasi di atas rel yang melayang (elevated) sehingga tidak membutuhkan banyak ruang dan tidak perlu pembebasan lahan. Kapasitasnya pun cukup banyak, yakni bisa memuat hingga 50 penumpang setiap unitnya.

Terkait pembangunan ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil Sabtu (5/11/2016) lalu sudah melakukan pertemuan dengan Kementrian Perhubungan. Pria yang karib disapa Emil itu diharapkan dapat membantu mengurangi kemacetan di Kota Bandung.

“Jalur ini ialah jalur perdagangan tersibuk di Kota Bandung. Apalagi ini melewati Pasar Baru yang selalu padat oleh wisatawan yang akan berbelanja,” ujar Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (7/11/2016).

Emil berharap rencana tersebut bisa segera terealisasi. Ia berharap akhir 2017 ini moda transportasi massal buatan dalam negeri ini sudah bisa beroperasi.

“Anggarannya dari investor kepada pemerintah pusat. Sebesar 500 miliar rupiah. Kita hanya mengurus perizinan saja,” ucap Emil. (bbn/bbn; Avitia Nurmatari; http://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3339246/kota-bandung-bakal-punya-kereta-metro-kapsul)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close