Iptek dan Lingk. Hidup

Robot Lumba Lumba 364 M Menggantikan Hewan Asli

(travel.okezone.com)-LOS ANGELES; – Robot Lumba Lumba seberat 250 Kg dengan harga £18 juta (Rp364,8 miliar) digadang menggantikan hewan di taman kehidupan laut yang penuh kontroversial.

Robot dengan panjang 2,5 meter yang dibalut silikon medis ini bisa berenang di bawah air dan berperilaku layaknya lumba-lumba di kehidupan nyata. Dia bisa melakukan trik untuk banyak orang.

Gagasan ini dicetuskan perusahaan animatronik yang membuat makhluk untuk film blockbuster Hollywood seperti Free Willy, Deep Blue Sea, Avatar, Flipper dan Anaconda. Diharapkan suatu saat inovasinya membantu membebaskan 3.000 mamalia cerdas yang hidup di industri bernilai multi miliar poundsterling.

Organisasi kesejahteraan PETA memposting gambar robot Delle yang realistis berenang bersama anak-anak di Stadion Renang John C. Argue, Los Angeles, The Sun melaporkan.

Kelompok tersebut mengatakan bahwa teknologi itu memungkinkan manusia untuk mendapat pengalaman dan belajar tentang lumba-lumba tanpa mengurung mereka pada tangki beton.

“Program ‘berenang dengan lumba-lumba’ yang kejam di mana mereka traumatis diculik dari laut, dipisahkan dengan ibunya dan kadang dilakukan ilegal segera berakhir,” Kattaa Aktivis Katherine Sullivan seperti dilansir The Mirror.

Di Eropa, 20 negara telah melarang atau membatasi hewan di sirkus, tapi pengalaman bertemu lumba-lumba seperti Orlando dan Florida, menarik ratusan ribu wisatawan tiap tahun. Meski pendapatan yang turun menunjukkan audiens menurun karena masalah kesejahteraan.

Dibuat oleh perusahaan Selandia Baru Edge Innovations, robot lumba-lumba dapat mengembalikan minat orang-orang itu, kata CEO Walt Conti.

Harganya 4x lipat harga lumba-lumba hidup di taman hiburan. Rumor yang beredar mengatakan investor China mendanai pekerjaan awal proyek ini sambil berjanji menggunakan robot di negara itu.

Edge mengatakan meski biaya tinggi, lumba-lumba robotik tidak perlu perawatan dan pemantauan suhu yang sama dengan lumba-lumba asli. Hidup mereka juga lebih lama dari rekan hidup mereka, yang hanya bertahan rata-rata 20 tahun di penangkaran dibandingkan dengan 30 hingga 50 tahun di alam liar.

Direktur kreatif program animatronik Edge, Roger Holzberg, mengatakan, “idenya adalah menciptakan semacam Sesame Street di bawah air.”

“Karakter itu mengajari generasi merasakan berbagai jenis aspek umat manusia dengan cara yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Dan itu kami impikan dengan proyek ini,” lanjutnya. Sebelumnya, para penonton tidak tahu lumba-lumba animatronik itu tidak nyata.

Fakta lain mengungkapkan robot itu memungkinkan manusia tetap aman saat lebih dekat dengan hewan aslinya. Penerapan teknologi tak hanya berhenti pada lumba-lumba. Pengalaman Edge memberi kesempatan pecinta hal ekstrem untuk berenang bersama hiu putih besar bahkan reptil era jurassic.

Fatha Annisa; Bahan dari : https://travel.okezone.com/read/2021/05/31/406/2418212/robot-lumba-lumba-rp364-8-miliar-ini-diproyeksi-menggantikan-hewan-asli?page=1)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close