Islam

Firasat (TA 140)

Salah satu hadiah dari Allah bagi umat bertaqwa adalah kemampuan membedakan yang haq dan yang batil. Ada ulama yang menyebut “firasat”, sebagai terjemahan dari furqon, surat Al Anfal, “Orang2 beriman, jika kamu bertakwa kepada Allah, Kami akan berikan kepadamu Furqaan…” (QS Al Anfal 8:29)
Kepada orang yang bertakwa, Dia akan memberikan (dengan berbagai cara) kepada nya petunjuk, sehingga ia dapat membedakan hal-hal yang dapat membawa keselamatan dan hal-hal yang membahayakan dirinya, sehingga orang itu selamat dari hal-hal yang ditakutkan.

 

Taqwa, bukanlah hal yang ringan. Taqwa memerlukan pengorbanan yang berat, yang tidak semua umat mampu melaksanakan. Salah satu ciri orang yang takwa disebutkan dalam al Qur’an.

 

“………memberi harta yang dicintai ke kerabatnya, anak2 yatim, orang2 miskin, musafir (yang perlu pertolongan) dan orang2 yang minta2; dan (memerdekakan) hamba, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang2 yang menepati janjinya bila ia berjanji, dan orang2 sabar dalam kesempitan, penderitaan dan peperangan”-QS Al Baqarah 2:177. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

 

Sajian bertalian IBO lainnya : Laporan Panti Asuhan Al Fajr
Assalamu’alaikum Warrahmatulahi Wabarakatuh
Para Dermawan yang budiman,

Sejak bulan Mei 2016, kami berusaha mencari penghuni Panti Asuhan yang sudah siap beroperasi. Berbagai cara kami lakukan, melalui beberapa grup WA, menghubungi beberapa Panti Asuhan yang sudah berjalan maupun yang akan tutup, mencetak ratusan brosur.

 

Juga mengedarkan lewat loper koran, menyampaikan ke beberapa pengajian, presentasi dibeberapa rapat mingguan desa dan masih beberapa cara lagi. Namun Qadarullah, semua tidak membuahkan hasil. Sampai saat ini tidak ada satupun yang mendaftar.

Sehubungan dengan itu, rencana membuka Panti Asuhan dengan ini kami batalkan. Seluruh sumbangan dari para dermawan maupun hasil penjualan buku, baik yang berupa sisa cash, maupun yang sudah terlanjur untuk merenovasi bangunan akan kami ganti dan akan kami salurkan ke Panti-Panti Asuhan yang sudah ada, sesuai amanah dari para Dermawan.

Kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan para Dermawan dan semoga semua sumbangan Bapak/Ibu tercatat sebagai amal Bapak/Ibu sekalian. Hanya kepada Allah jualah kita memohon, semoga kita semua tetap istiqamah dalam mencari ridla Allah SWT. Aamiin. Wassalam, (Sadhono Hadi; dari grup WA-BPTg)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close