Islam

Mengapa Hati Kita Mudah Gelisah

(republika.co.id)-Tanda kegelisahan Hati itu hidup terasa hambar. Segala yang dijalani hampa. Makan tidak enak, tidur tidak nyenyak. Karena itu, saatnya kita kenali, mengapa hati selalu gelisah.

 

Pertama, banyaknya dosa. Disadari atau tidak, saar seorang mukmin berdosa, maka akan diliputi rasa bersalah. Hati pun jadi gelisah. Hidupnya dalam keterasingan. Ibnu Qayyim berkata, ”Jika kamu menemukan keterasingan karena perbuatan dosa, maka segera tinggalkan dan jauhi dosa dan maksiat. Hati tidak akan tenang dengan perbuatan dosa.”

 

Kedua, kurang bersyukur. Padahal, Allah menciptakan segala sesuatu, termasuk semua yang ada di langit dan di bumi, penuh kasih sayang dan hanya untuk manusia. “Tidak ada binatang melata yang hidup di muka bumi ini melainkan Allah yang memberinya rezeki …” (QS Hud [11]: 6).

 

Ketiga, banyak menuntut. Bisa dipastikan hati selalu gelisah jika seseorang berpikir harus memiliki segala sesuatu, sementara ia tidak mempunyai kemampuan dan daya tunjang yang memadai untuk meraihnya.

 

Keempat, cinta dunia. Rasulullah SAW mengkhawatirkan umatnya yang cinta dunia berlebihan.  “Yang aku takutkan dari umat sepeninggalanku itu jika kesenangan dunia dan hiasannya dibuka untuk kalian.” (Muttafaq ‘Alaih).

 

Kelima, terlalu berharap pada manusia. Yang bergantung pada selain Allah, akan kecewa.

Keenam, berbuat zalim. Menzalimi orang, itu meninggalkan perasaan tidak enak. Jadi segeralah minta maaf. Karena, meminta maaf dekat dengan ketakwaan yang pada akhirnya menimbulkan ketenangan:

“Janganlah kamu melupakan keutamaan di antara kamu.” (QS Al-Baqarah [2]: 237).

 

Ketujuh, lemah iman. Yang lemah iman akan mudah mengeluh dan menyalahkan keadaan. Orang yang lemah iman tidak yakin kemahakuasaan Allah. Padahal, hidup dan mati, rezeki dan jodoh, semua diatur dan ada dalam kekuasaan Allah SWT.

 

Kedelapan,  tidak menaati syariat Allah, malas beribadah, dan enggan bertaubat kepada-Nya. Itu tampak pada banyaknya tindakan maksiat yang dikerjakan setiap harinya.

 

(Red: Nashih Nashrullah;  Bahan  dari :  https://republika.co.id/berita/qg35dj320/8-penyebab-mengapa-hati-kita-mudah-dilanda-gelisah)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close