Islam

Pembangunan Replika Kompleks Al Aqsa Di Indonesia

(beritasatu.com-Berita lama)-JAKARTA; Lembaga kemanusiaan yang aktif di Palestina, International Networking for Humanitarian (INH), memulai program kampanye pembangunan Replika Komplek Al Aqsa dan Pondok Tahfidz Al-Quds di Indonesia.

“Alhamdulillah, tim kami aktif di Jalur Gaza dan berkomunikasi dengan tokoh Palestina. Mereka mendukung program ini,” kata Ketua INH, Lukmanul Hakim, dalam keterangan persnya, (1/9/2020). Menurutnya, program besar ini ditargetkan selesai dalam lima tahun ke depan dan membuka peluang sebesarnya kepada masyarakat untuk ikut andil dalam program ini sebagai pewakaf.

“Program ini, diinisiasi INH bekerjasama dengan Sahabat Relawan INH (Share INH), Teras Ziswaf dan terbuka untuk lembaga lain yang ingin bersama secara berjemaah membangun program mulia itu jelas Lukmanul Hakim.

Pembangunan replika ini jadi salah satu terobosan baru tidak hanya sebagai bagian dari Wisata Religi di masa depan, namun juga sebagai bagian dari upaya tarbiyah (pendidikan) untuk masyarakat Indonesia agar lebih mendalami perjuangan warga Palestina saat ini dalam menjaga Al-Aqsa.

Replika ini meniru beberapa situs penting dalam area komplek Al Aqsa, termasuk ikonnya Masjid Qubah As-Shakhra, Masjid Al-Qibli dan tembok ratapan, serta area taman yang ada di sekitar Al-Quds.

Selain itu, INH juga membangun Pondok Tahfidz Al-Quds di komplek tersebut, yang nantinya jadi sarana pembelajaran Alquran dan menghadirkan para guru atau murabbi langsung dari Palestina serta menjadi tempat pertukaran pembelajaran kedua negara.

“Kedua bangunan itu, rencananya dibangun di Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Saat ini, program baru akan dimulai pada tahap pembebasan lahan,” pungkas Lukmanul Hakim.

(feriawann Hidayat; FER; Bahan  dari : BeritaSatu.com  dan https://www.beritasatu.com/dunia/671503/inh-inisiasi-pembangunan-replika-komplek-alaqsa-di-indonesia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close