Islam

Memberi Rejeki kepada MaklukNya

Ada 4 cara Allah memberi rezeki kepada setiap makhluk-Nya:

»Rezeki Tingkat Pertama. Tidak ada suatu mahlukpun (termasuk manusia) yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin oleh Allah rezekinya – (QS Huud [11]: 6). Allah memberikan kesehatan, makan, minum utk seluruh makhluk hidup di dunia ini. Ini adalah rezeki dasar yang terendah.

»Rezeki Tingkat Kedua…..
Tidaklah manusia dapat apa2, kecuali apa yang telah diusahakannya – (QS An-Najm [53]: 39)
Allah memberi rezeki sesuai dgn yg kita kerjakan. Jika kita bekerja 3 jam, maka kita dapat hasil yang 3 jam. Jika bekerja lebih lama, lebih berilmu, lebih sungguh2, maka kita akan mendapat lebih banyak, muslim atau bukan.

»Rezeki Tingkat Ketiga…….
..Jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu..- (QS Ibrahim [14]: 7)
Inilah rezeki yg disayang Allah. Orang2 yg pandai bersyukur akan merasakan kasih sayang Allah & dapat rezeki yang lebih banyak. Itu janji Allah, hanya orang bersyukur yang dapat hidup bahagia dan sejahtera.

»Rezeki Tingkat Keempat…… (utk orang yang beriman & bertaqwa)
..Yang bertaqwa kpd Nya niscaya Dia mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yg tiada di-sangka2nya. Dan yg bertawakkal niscaya Allah mencukupkan (keperluan)nya. Allah melaksanakan semua urusan (yang dikehendaki-Nya). Allah telah menentukan bagi tiap2 sesuatu – (QS Ath-Thalaq [65]: 2-3).

Rezeki yang ke-4 ini adalah rezeki yang istimewa, tdk semua org bisa meraihnya. Orang istimewa ini (muttaqin) adalah orang yg benar2 dicintai & dipercaya oleh Allah utk memakmurkan atau mengatur kekayaan Allah di bumi ini. (Koesh-72)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close