Kesehatan

Enak Saus Tomat dan Tartar Kurang Menyehatkan buat Cocolan

Mayonnaise, saus salad, dan saus tomat bikin sajian makin enak. Tapi batasi konsumsinya agar tubuh tetap sehat. Dikutip dari Prevention (9/9), condiment atau saus pelengkap berikut mengandung banyak gula dan aditif lain yang rugikan kesehatan. Batasi konsumsi atau cari lternatif lain yang menyehatkan.
1-Saos Tomat
Saus tomat dibuat dari tomat. Tapi banyak bahan lain ditambahkan termasuk gula dan garam. Mengenai gula, tiap 2 sendok makan (sdm) saus tomat mengandung 8 gram gula. Sejumlah gula pada permen.

Gula ini kemungkinan besar dibuat dari sirup jagung tinggi fruktosa, bukan gula pasir biasa. Sebagai alternatif, ganti saus tomat dengan pilihan organik yang dibuat menggunakan gula pasir. Atau buat sendiri saus dari potongan tomat

 

2-Saus BBQ

Seperti saus tomat, saus BBQ juga tinggi gula karena dibuat dari sirup jagung fruktosa. Banyak merek saus BBQ menambah pewarna karamel buatan untuk mewarnai mahogany khas saus asam manis.

Pilihan lebih sehat, pilih saus BBQ keluaran produsen terpercaya yang tidak menambah aditif. Atau buat saus BBQ dari paduan saus cabai, saus tomat, bawang putih, mustard pasta, minyak salad, dan madu.

 

3-Saus Salad

Saus salad rendah lemak kerap jadi pilihan pelengkap sayuran. Tapi saus ini tinggi pemanis buatan. Tekstur creamy-nya didapat dari penggunaan bahan pengental dan emulsifier. Ganti dengan minyak zaitun dan lemon agar lebih sehat.

 

4-Mayonnaise

Tiap 2 sdm mayonnaise biasa mengandung hampir 200 kalori. Lebih buruk lagi, mayonnaise konvensional biasanya dibuat dengan minyak kedelai yang didapat dari kedelai hasil rekayasa genetika.

Temuan PLOS ONE mengungkap dibanding jenis minyak lain, minyak kedelai tingkatkan risiko obesitas dan diabetes. Banyak alternatif sehat untuk mayonnaise. Diantaranya mayonnaise organik, hummus, dan saus alpukat.

 

5-Honey Mustard

Honey mustard sering dianggap menyehatkan karena rendah lemak dan kalori. Saus ini mengandung banyak gula. Rasa manisnya dari pemakaian sirup jagung fruktosa tinggi bukan madu. Buat sendiri honey mustard untuk pilihan lebih sehat. Cukup campurkan tetesan madu bersama mustard favorit Anda.

 

6-Saus Tartar
Saus ini sering jadi pelengkap fish and chips. Karena dibuat dengan mayonnaise, saus tartar juga tinggi kalori. (odi/adr; Andi Annisa Dwi Rahmawati ; http://detik.id/VIPc6I)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close