YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Mengusir ngantuk ditempat kerja

OR teratur adalah cara alami mencegah kantuk saat kerja. Kurangnya kadar oksigen di otak, rendahnya kadar gula darah, dan dehidrasi adalah penyebab datangnya rasa kantuk / lelah. Dengan menyiasati kondisi ini, manfaatnya membuat Anda tetap segar / lancar kerja sepanjang hari. Selain minum kopi, ada banyak cara dapat dilakukan mengusir kantuk / lelah di tempat kerja.

 

Bergerak di sela jam kerja
Berjalan kaki dan bergerak tubuh membuat oksigen terpompa ke otak dan otot. Ber-aktivitas seperti 5 menit dapat membuat Anda terjaga hingga 1 jam setelahnya. Luangkan waktu jalan kaki keluar ruang, menuruni tangga ke lobi, atau beribadah ke mushola. Berikut hal2 sederhana untuk memastikan tubuh Anda tetap aktif bergerak di kantor.

 

Sempatkan berjalan
Cari kesempatan berdiri dan melangkahkan kaki di sela jam kerja, seperti berjalan keluar saat beristirahat lima menit. Selain itu, daripada mengirim pesan singkat lewat internet, lebih baik Anda mendatangi meja rekan kerja untuk berdiskusi.
Rapat di kantor
Jika memungkinkan, adakan rapat di luar kantor, di tempat yang dapat dicapai dengan berjalan kaki.
Olah tubuh di sela jam kerja
Luangkan lima menit dari waktu istirahat makan siang untuk melakukan peregangan seperti berikut ini.
1-Membungkuklah dengan kaki tetap lurus dan biarkan tangan menyentuh ujung jari kaki. Tahan hingga 5-10 detik. Ulangi beberapa kali.
2-Berdiri menghadap sudut ruangan. Rentangkan tangan setinggi bahu, tempatkan lengan depan, siku, dan telapak tangan ke dinding. Lengkungkan tubuh bagian atas ke dalam. Tahan 10 detik. Ulangi 5-10x untuk meregangkan otot dada. Anda dapat menurunkan dan meninggikan posisi lengan untuk melatih otot yang berbeda.

  1. Dengan posisi duduk, letakkan kedua tangan di pinggul dan rapatkan kedua kaki. Busungkan dada tanpa mengubah pandangan mata atau posisi kepala Anda. Rasakan penegangan pada dada saat Anda menarik tulang bahu ke belakang secara bersamaan. Upayakan menahan penegangan ini 10 detik. Setelah itu coba lemaskan tubuh Anda sesaat. Ulangi 10 kali gerakan yang sama.

 

Mengatur pernafasan
Rasa kantuk dapat hilang jika kadar oksigen pada otak tercukupi. Kondisi ini dapat diperoleh dengan mengatur pernapasan. Latihan pernapasan dengan tetap duduk di meja kerja. Cobalah tarik napas dalam2 melalui hidung, hingga perut dan tulang rusuk di kanan-kiri mengembang, tapi dada tidak bergerak. Tahan sejenak, lalu hembuskan napas melalui mulut.
Mengonsumsi camilan sehat
Kadar gula darah rendah peyebab tubuh terasa lemas. Pada kondisi ini, makanan ringan bermanfaat meningkatkan energi. Anda dapat mengonsumsi pilihan camilan sehat, seperti:
1-Buah potong, seperti semangka, melon, jeruk.
2-Kacang-kacangan.
3-Biskuit dengan gandum utuh.
Mengonsumsi kopi atau minuman berkafein juga dapat membuat Anda bersemangat dan terus terjaga hingga tengah hari. Kuncinya jangan berlebihan dan hindari konsumsinya di sore hari agar Anda tidak sulit tidur di malam harinya.

Hindari beberapa jenis makanan-minuman tertentu karena justru makin mendatangkan rasa kantuk:
1. Makanan-minuman ringan berkadar gula tinggi. Gula membuat rasa kantuk seketika hilang, tapi efek itu hanya sebentar karena beberapa waktu kemudian Anda justru akan merasa lebih mengantuk.
2. Makanan berlemak tinggi.

Pastikan mengonsumsi cukup air / makanan yang berkadar cairan tinggi. Dehidrasi menyebabkan kantuk dan lelah.

 

Tidur siang
Jika kantuk tidak tertahankan, luangkan 10-20 menit dari waktu istirahat, tidur siang. Jika tidak dapat tidur, pejamkan mata sambil tengkurap di meja kerja 10 menit juga dapat menyegarkan otak.

 

Jeda untuk mata
Mata dan pikiran yang lelah bisa disebabkan aktivitas sama yang dilakukan tanpa variasi, seperti terus-menerus menatap layar komputer. Alihkan mata dan perhatian sesekali ke hal lain seperti bicara pada rekan kerja atau membaca koran sebentar.

 

Mencegah datangnya kantuk dan lelah
Banyak orang mengira OR membuat tubuh lelah. Padahal menurut penelitian, OR teratur jadi cara alami meningkatkan energi dan membuat Anda terjaga sepanjang hari. Berikut ini anjuran yang dapat diikuti.

 

Ubah cara berangkat ke kantor dan pulang ke rumah
Menggunakan kendaraan umum saat bepergian akan lebih menuntut kita berjalan dibanding kendaraan pribadi. Usahakan gunakan fasilitas kendaraan umum dalam bepergian se-hari2 terutama jika Anda sulit menyediakan waktu ber-OR ke gym. Jika Anda mengendarai kendaraan bermotor atau mobil.

 

Parkirlah kendaraan pada jarak agak jauh agar Anda dapat berjalan kaki ke lokasi kantor. Begitu pula jika Anda bepergian dengan kendaraan umum, turunlah beberapa jauh dari kantor Anda. Begitu tiba di kantor, dari pada naik lift, cobalah gunakan tangga untuk mencapai lantai atas.

 

Bergabung di pusat Kebugaran
Ajak teman2 kanto bergabung di pusat kebugaran agar dapat ber-OR bersama. Selain menyenangkan,  ini membuat Anda dan rekan kerja saling mengingatkan diri untuk teratur ber-OR dan pada akhirnya bisa mencegah rasa kantuk di kantor. (Sumber: http://www.alodokter.com/mengusir-rasa-kantuk-dan-lelah-di-tempat-kerja dan Tags : artikel, kantuk, tempat kerja, 2015; http://www.yakestelkom.or.id/artikel/detail/35)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close