Iptek dan Lingk. Hidup

Mengenal Efek rumah kaca(2/3)

Penyebab efek rumah kaca

Efek rumah kaca disebabkan oleh naiknya konsentrasi gas-gas pemicu efek rumah kaca, yang diantaranya adalah :

 

Karbondioksida

Karbondioksida adalah senyawa kimia berbentuk gas yang dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar fosil, batu bara serta bahan organik lain. Tingginya konsentrasi karbondioksida yang dihasilkan, dapat melampaui kemampuan laut dan tumbuhan untuk menyerapnya. Hal ini menjadi salah satu pemicu adanya efek rumah kaca.

 

Hidrokarbon Metana

Hidrokarbon metana adalah gas yang dilepaskan selama proses transportasi dan proses produksi gas alam, batu bara dan minyak bumi. Metana adalah komponen utama dari gas alam sehingga termasuk dalam pemicu efek rumah kaca.

 

Nitrogen Oksida

Nitrogen oksida dihasilkan dari pembakaran bahan bakar fosil, dan dari lahan pertanian. Nitrogen oksida dihasilkan dari reaksi nitrogen dan oksigen yang bertemu di udara saat pembakaran, yang biasa terjadi bersuhu tinggi. Contoh proses penghasil nitrogen oksida : Padatnya lalulintas, sehingga gas ini termasuk dalam pemicu efek rumah kaca.

 

Selain gas2 itu gas-gas lain juga dapat menyebabkan efek rumah kaca, seperti belerang dioksida dalam proses produksi baterai, deterjen, pupuk, dan bubuk mesiu, serta klorofluorescent (CFC) dalam produk2 semprot atau spray seperti obat nyamuk semprot, dan pewangi ruangan semprot.

 

Dampak efek rumah kaca

Efek rumah kaca bagi lingkungan menyebabkan perubahan negatif, seperti naiknya permukaan air laut, perubahan iklim ekstrim, terganggunya hutan dan ekosistem lain, pemanasan global, terjadi fenomena kekeringan dan gagal panen, berkurangnya kemampuan bumi menyerap karbondioksida dan munculnya berbagai wabah penyakit. Bersambung……….. ((http://cokinew.blogspot.co.id/2015/12/efek-rumah-kaca.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close