KesehatanWisata dan Kuliner

Resto vegetarian

Buat sahabat yang di atau sedang di Bandung dan menyukai vegetarian. Destinasi Bandung-Bagi Anda yang tidak suka makanan asal  hewani atau daging2an, jangan khawatir. Karena banyak menyajikan rumah makan atau restoran Vegetarian (di sebut kaum vegan). Berikut tempat Vegetarian yang Enak :

1-Resto Vegan Kehidupan Tidak Pernah Berakhir
Resto Kehidupan Tidak Pernah berakhir. Meski baru muncul beberapa tahun belakangan ini, tempat makan sehat ini menarik perhatian karena keunikan namanya. Banyak makanan lezat bisa dinikmati, seperti kwetiau, spaghetti dan lainnya.

Masakannya tanpa menggunakan MSG, bawang, santan, hingga daging. Tetapi mereka sajikan menyerupai daging jamur dan tahu. Resto di Jalan Pajajaran ini berharga murah seporsi nasi dan empat macam sayur, yaitu Rp. 9000. Kita bisa pilih makanan secara prasmanan dan dapat pesan lain seperti Kwetiau dan Spaghetti.

Ada tambahan sayuran, paprika, dan saus tomat untuk spaghetti bolognese ala Kehidupan tidak Pernah Berakhir ini terasa segar. Kwetiau dihidangkan tanpa minyak berlebih seperti umumnya. Hitung2an manusia, masakan sehat tanpa msg, sayuran tanpa pestisida, dan sumber kolestrol ini ampuh memperpanjang usia. Jadi jangan ragu pesan kwetiau goreng surgawi dan spaghetti cinta.

Pemesanan diluar paket nasi dan empat jenis sayur memang dihargai sedikit berbeda, namun tetap tidak membuat kantong bolong. Seporsi spaghetti cinta tak menguasai dibanderol seharga Rp. 15.000, sedangkan untuk kwetiau goreng surgawi pengunjung harus merogoh kocek Rp. 18.000.

Untuk Minumannya bisa pesan Liang Teh Rp.7000, Kietna Rp.10.000, dan Jus Markisa Rp.10.000. Semua dengan taste memuaskan, tidak encer dan enak. Hebatnya, tersedia Free Flow Drinking Water alias air putih, jadi tidak perlu beli minumani, karena tersedia gratis.

 

Cocok banget mampir ke Kehidupan kalau pas bokek akhir bulan. Rp.8000 kenyang makan dan minum. Resto Kehidupan Tidak Pernah Berakhir tempat makan vegan yang berdiri di pinggir jalan besar Pajajaran no. 63. Dibuka setiap hari Senin-Minggu. Beroperasi pukul 10.00 – 22.00 WIB.

2-Ahimsa Resto
Ahimsa Tempat Favorit Bagi Pecinta Vegetarian
Menu vegetarian tersedia di Ahimsa Vegetarian Restaurant. Resto di Komplek Luxor Permai, Kebonjati, Bandung, ini menyajikan vegetarian lebih beragam. Aneka tumisan sayur, aneka sup, pepes tahu, pepes jamur, capcay, jamur goreng, sate vegetarian, nasi timbel penyet, “gurame” goreng, sampai nasi goreng dan bubur “ayam” ada. Menu2 ditawarkan berharga Rp 10.000 – Rp 50.000 per porsi.

Pemilik Ahimsa Vegetarian Restaurant, Alwin Sudono ke wartawan Destinasi Bandung mengatakan, resto yang dikelola  ada sejak 15 tahun lalu.”Awalnya kami sekeluarga vegetarian. Terpikir membantu yang vegetarian dapat makanan, karena tak semua vegetarian sempat memasak. Kalau yang sibuk otomatis beli” ujar dia.

Setelah dibuka, pelanggannya mayoritas mereka yang patuh ajaran yang melarang mengonsumsi daging -ikan. Hanya sebagian kecil dari masyarakat umum, mereka yang direkomendasi dokter jadi vegetan.”Di Bandung ini komunitas vegetarian sedikit, makanya restonya tidak berkembang. Beda di Jakarta atau Surabaya, komunitasnya banyak,” bebernya.

Alwin menyebutkan, Ahimsa Vegetarian Restaurant memiliki menu2 favorit. Di antaranya nasi timbel penyet. Nasi timbel ini terdiri dari nasi, tahu goreng, tempe goreng, ikan asin yang terbuat dari rumput laut dan gluten, penyet yang menyerupai ayam suwir, sambal dan lalapan.

 

Jangan berpikir ayam suwir itu sungguhan ayam. Karena ini menu vegetarian, ayam yang digunakan adalah ayam yang dibuat menyerupai ayam namun berbahan gluten. Satu porsi nasi timbel penyet ini ditawarkan Rp 19.000.

Selain nasi timbel penyet, ada pula gurame goreng. Menu ini sama, bahan dasar bukan dari ikan gurame tapi dari bahan2 yang kemudian dibentuk menyerupai ikan gurame. Rasanya dibuat seperti rasa ikan gurame goreng. Satu porsi ikan gurame Rp 50.000 dan bisa dinikmati berdua atau bertiga.

3-Fortunate Cofee
Pengen cari tempat nongkrong dengan sajian menu sehat. Datang saja ke Fortunate Cofee dijalan Kebon Sirih No. 21 A. Tempatnya cukup luas, dengan banyak kursi yang di tata sedemikian rupa. Bila ingin santai, pengunjung bisa nongkrong sambil memesan makanan di out door.

 

Bila ingin agak privacy bisa langsung masuk ke dalam cafe. Suasana di cafe dingin dan santai sehingga pengunjung bisa ngobrol leluasa sambil memesan makanan yang dijamin sehat.

”Ya, makanan2 disini dijamin sehat. Karena yang disajikan menu vegetarian. Menu ini bukan berarti hanya bisa di makan orang2 vegan saja. Orang biasa juga bisa menikmati aneka menu di sini,” ujar William selaku Supervisor Fortunate Cofee kepada wartawan Destinasi Bandung.

Rasanya tidak kalah lezat dengan menu2 di resto biasa. Disini ada kelebihan, karena orang tidak bakal takut berdampak, menu yang disantap. Semua menu bebas penyedap rasa.”Kami punya rahasia dapur menyajikan menu vegetarian dengan rasa lezat,” katanya.

William meluruskan pendapat orang, menu vegan tidak melulu sayur.”Ini salah, karena disini kami sediakan 75 menu,” ucap dia. Ia sebut aneka menu, mulai pasta, nasi goreng, mie dan kwetiau, soup cream, cap jay, pizza, burger & sandwich, seefood vegan, daging vegan, hingga masakan tradisional.

Minuman juga disediakan berbagai macam, dari yang tradisional seperti teh uwuh, kunir asem, wedang jahe hingga jeruk nipis. Aneka juice and blend, softdrink hingga aneka coffe dan chocolate.

4-Kwang Ming Resto
Resto Kwang Ming ingin membantu pelestari lingkungan bertujuan mengenalkan dan mensosialisasikan pola hidup vegan solusi mencegah global warming. Maka kini hadir Kwang Ming Vegetarian Restaurant pada Senin-Minggu Pukul 09.00-21.00 WIB, bertempat di samping Bank BCA Jalan Sudirman No. 245.

Tersedia lebih 30 jenis masakan/menu Vegetarian dan lebih 50 jenis kue2 Vegetarian seperti: nasi bakar, nasi liwet, nasi padang, nasi uduk &nasi kuning, kweecap, angkringan vege, nasi kucing, yam mie & yam kwetiao, nasi tim, siomay, bakpao, kwetiao goreng, nasi goreng, yam kiao, dan bubur ikan vege. Minumannya ada peppermint tea, green tea serta aneka juice buah dan lain-lain nya.

5-Moey Resto
Pengen cari tempat makan vegan dan sajian view indah?. Datang ke Moey Resto. Tempatnya luas, banyak kursi. Bila ingin santai, pengunjung bisa nongkrong sambil pesan makanan di out door. Bila ingin agak privacy bisa masuk ke cafe. Suasana dicafe dingin dan santai sehingga pengunjung bisa ngobrol  leluasa sambil pesan makanan yang dijamin sehat.

Nama Moey diberikan pemiliknya berdasar kata bahasa Belanda yang artinya enak. Sesuai namanya, di Moey juga menjual snack rumput laut yang cocok untuk vegetarian, juga beberapa bahan olahan untuk vegetarian.

Letak Moey di Jalan Pajagalan no.81 bukan daerah kuliner yang umum. Orang Bandung  belum tentu tahu letak jalan ini. Sekadar petunjuk, bila mengambil Jalan Pasir Koja, setelah perempatan Jalan Astana Anyar, ada belokan ke kiri menuju Jalan Pajagalan. Posisi resto yang berusia dua tahun ini di sebelah kanan jalan setelah belokan.

Saat sampai, eksterior restonya tampak seperti bekas toko guci karena di etalasenya berjajar beberapa guci China. Begitu masuk, bakal tampak interior ala rumah makan chinese food dan tertulis “halal”. Pengunjung bisa pilih salad buah, nasi tutug oncom dan rendang. Jika lihat harga di daftar, relatif murah. Hanya sate saja yang agak tinggi, satu tusuk Rp. 3.500.

6-Vegetarian House
Vegetarian House berlokasi di Jl. Kebon Jati No-173, Andir Bandung. Tempat makan yang menyajikan makanan-minuman sehat tanpa susu, tanpa telur, tanpa daging, tanpa keju dan tanpa bawang. Salah satu Pimpinan Vegetarian House, Jenny ke wartawan Destinasi, mengatakan Vegetarian ini milik Tuhan, bukan pribadi untuk semua umat khususnya di Kota Bandung.

”Awal dalam menggeluti di bidang bisnis ini waktu itu catering, lalu buka resto ini tahun 2015. Konsepnya  lebih seperti kantin. Dalam pengertian umum, kata vegetarian mengacu seseorang yang tidak makan daging, baik daging merah, ikan, dan unggas atau produk hewani lain.

 

Tapi, vegetarianisme bermakna lebih mendalam, ungkapan dalam menghargai segala mahluk dengan tidak melukai atau membunuh kasih dengan tidak melukainya dalam bentuk pikiran, ucapan dan tindakan. Kemurnian ketiga hal ini semangat dari kasih universal.

Menu makanannya berupa, nasi jamur serundeng, nasi bakmoy, nasi butter sayuran, nasi goreng keju dan lainnya dengan hanya berharga Rp. 20.000. sedangkan untuk snacknya sendiri ada lontong isi, jamur crispy, pangsit goreng, kripik tempe, pempek goreng, dan dendeng balado.

Sajian minumannya ada liu wei tang, sop buah, loh han guo, chrysantemum, liang tea, lobi-lobi, honey lemon dan minuman lainnya dengan harga yang relativ begitu murah. *Selamat berburu*. Sunarto dari grup WA-VN; sumber dari By Luthfi Khairul; http://www.destinasibandung.co.id/tempat-makan-vegetarian-yang-enak-di-bandung.html)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close