Iptek dan Lingk. Hidup

Cacao (BT 117)

Nama lengkap cacao adalah Theobroma cacao dan semua tentu tahu cacao adalah bahan dasar coklat dan hampir tidak ada yang tidak menyukai coklat. Saking enaknya, orang Yunani menamakan genus ini Theobroma. Theo artinya Tuhan, broma artinya nyamikan atau makanan, silahkan artikan sendiri.

 

Saya kurang setuju, kalau sepotong coklat dan sepiring Gudeg Yu Jum, saya pilih yang terakhir, apalagi disajikan dengan nasi mengepul. Walau cacao asal Amerika Tengah, Indonesia (Sulawesi) salah satu penghasil utama cacao. Tapi kita bukan produsen dan pemilik coklat, semoga kelak anak cucu kita bisa lebih pintar dari kita dan membikin pabrik2 coklat disini.

Pohon coklat ini tidak tinggi, hanya  9 mt tinggi maksimal, malah oleh petani dibuat pendek, agar mudah memanen buahnya. Buahnya oval bisa sampai 30 cm panjang dan 20 cm lebar, di daging buahnya banyak biji. Bunganya muncul dari batang induk dan dahan besar yang keras kayunya. Jadi buah yang menempel bergerombol berwarna coklat kemerahan.

Pada alam liar pohon ini berlindung dibawah naungan pohon lain yang lebih tinggi. Batang utamanya lurus keatas, disertai dahan  kecoklatan dan daunnya oval memanjang, membuat itu cocok ditanam di-sela2 bangunan tinggi. Rumah Sakit Umum Singapore menanam pohon ini sebagai pohon hias taman2 kecil diantara himpitan gedung2nya. Tampak hijau dan asri. (Sadhono Hadi; dari grup FB ILP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close