Opini dan sukses bisnis

Mengenal sekam bakar(1/3)

1-Sekam padi sifatnya asam
Arang sekam dan abu sifatnta basa,  jadi dengan mencampurnya akan membuat media tanam lebih sesuai phnya. Dan ini bisa dikaitkan  juga dengan upaya menekan beberapa patogen yg ada di tanah.
2-Kandungan kimia sekam, arang sekam, dan abu sekam berbeda.. Dan semuanya akan melapuk n menjadi unsur yg tersedia untuk tanaman secara perlahan dan bertahap,  jd bisa cukup tahan lama memberikan nutrisi untuk tanaman (disamping penambahan pupuk)
3-Pemberian sekam,  arang sekam dan abu sekam baik untuk porositas media tanam,  klo seandainya ditambah tanah,  maka tanah akan tetap gembur dan sulit menjadi padat. Untuk media yg tanpa di tambah tanah,  maka abu sekam adalah bagian yg akan membatu merekatkan atau sedikit memadatkan media sekam dan arang sekam. Jadi jrtiganya punya fngsi yg baik.
4-Sekam dan arang sekam,  sangat baik dalam menyimpan air. Sehingga mampu menyediakan air tersedia untuk tanaman. (Benyamin Haris; dari grup WA-BPTg)-FR

 

Catatan, berikut tentang membuat sekam bakar dari sumber berbeda :

Salah satu media tanam yang banyak digunakan untuk berbagai macam tipe tanaman adalah arang sekam. Sekam adalah kulit luar biji padi yang telah dilepas. Sekam bakar atau arang sekam banyak digunakan karena media yang dihasilkan dengan campuran ini bersifat porus, sehingga air dapat mengalir dengan lancar.

 

Selain itu, untuk mengurangi bobot atau berat tanaman yang akan dikirim ke daerah lain media arang sekam dapat dijadikan pilihan. Bersambung; Bahan dan langkah pembuatan …….;  (https://daunijo.com/cara-membuat-media-sekam-bakar/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close