Pengalaman Anggota

Merawat Lombok yang berbuah patek-en

Berikut saya kutip komunikasi diantara anggota BPTg tentang buah Lombok yang pateken :

1-Tolong saya diberitahu bagaimana caranya mengobati lombok yang sudah berbuah patek en; Obatnya apa dan apakah ada yang tahu?

 

2-Ada obat patek untuk tanaman cabe, namanya nopatek, dijual via online, bisa searching di Google. untuk pencegahan saat nanam cabe gunakan trichoderma atau pestisida yang mengandung trichoderma.  Monggo di coba

 

3-Tanaman cabe terutama cengek, bisa tumbuh cukup lama sepanjang asupan nutrisi tetap diberikan, kena patek itu bisa disembuhkan, dengan relakan semyabyah dan daun rontok istilah sunda purutul hingga habis tinggal rantingnya.

 

4-Sejak itu gejos dengan zpt sitokinin, agar tunas baru muncul, lanjut zpt geberelin untuk pembuahan. Gunakan pupuk dasar yang mencegah jamur pathogen, itu ada di tricodherma, Cuaca buruk jadi penyebab buah busuk tapi boster dari madu susu dan telor. Putih telornya jadi perekat asupan nutrisi didaun. Buah terhindar dari kebusukan. Itu pengalaman saya dan jangan lupa awali Bismillah, insya Alloh.

 

5-Saya lupa, satu lagi ngak kalah penting, setiap nanam apapun cek kondisi tanah, minimal tingkat keasaman dan tanah yang sebelumnya terlalu sering menggunakan pupuk kimia, agar digemburkan dengan pupuk organic.

 

Hindari penggunaan furadan dan round-up, karena mahluk hidup ditanah itu akan mati, hingga hilang unsur hara yang ada ditanah. Rehabilitasi tanah awal aktivitas tanam yang bijak untuk menyatu dengan alam. Monggo Alloh maha tau atas apa yg kita lakukan. (BH; dari grup WA-BPTg)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close