Iptek dan Lingk. Hidup

Pusat Riset Apple dibangun di Banten

Jakarta, Kompas.com-Apple merencana membangun 3 pusat riset dan pengembangan di Indonesia. Salah satunya terindikasi berlokasi di Banten. Info lokasi itu diungkap tidak langsung oleh Menkominfo Rudiantara, di sela acara Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum di Jakarta (19/1/17).

Menurut Rudiantara, saat ini Apple bersiap memenuhi aturan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) melalui skema investasi, yakni mendirikan pusat riset dan pengembangan ini. Apple dikatakan Rudiantara sudah menentukan lokasi pembangunan 3 pusat riset itu.

“Lokasinya, salah satu bukan di Jakarta, tapi jaraknya dekat dengan Jakarta,” ujar pria yang akrab disapa Chief RA itu, menyamarkan lokasinya. Saat ditanya jurnalis lokasi yang dia maksud adalah  Banten, Rudiantara tidak mengiyakan maupun menyanggah, hanya berkomentar singkat saja. “Kok tau aja sih?” ujar Rudiantara.

 

Rudiantara tidak secara spesifik menyebut kata Banten. Namun ia tidak menyanggah saat ditanya apakah Banten lokasinya. Inilah yang dijadikan sebagai indikasi kuat bahwa salah satu pusat riset Apple bakal dibangun di Banten.

Masih ada dua pusat riset dan pengembangan lain yang bakal dibangun Apple di Indonesia, namun kedua lokasi pusat riset ini belum diketahui. Beberapa waktu lalu, Rudiantara mengatakan telah meminta Apple membangun pusat risetnya di luar Jawa.

Pada Oktober lalu, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan ke KompasTekno bahwa Apple akan membangun tiga pusat inovasi senilai 48 juta dollar AS atau setara Rp 626,7 miliar.

Yang terbaru, dalam wawancara dengan Reuters, dia katakan total investasi pembangunan pusat riset itu 44 juta dollar AS atau  Rp 588,5 miliar. (Yogya Hastyadi Widiartanto; Reska K Nistanto; http://tekno.kompas.com/read/2017/01/19/11553307/pusat.riset.apple.di.indonesia.dibangun.di.banten)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close