Kesehatan

Hindari makanan ini ketika sakit perut

Ketika merasakan sakit perut, apalagi disertai gejala lain : Mual, muntah, diare, dan gejala lain, Anda pasti merasa tidak nyaman dan lemas. Meski merasakan perut yang tidak nyaman, Anda tetap harus mengonsumsi makanan bergizi untuk memulihkan kondisi tubuh Anda.

 

Selain pilih makanan bergizi, Anda sebaiknya menghindari makanan berikut ini saat sedang sakit perut.

 

Produk susu

Infeksi virus atau bakteri yang menjadi penyebab sakit perut, dapat memengaruhi laktase atau enzim yang mencerna laktosa. Sehingga pencernaan Anda akan sulit untuk mencerna laktosa. Konsumsi susu, keju, atau yoghurt, hanya akan memperparah sakit perut yang Anda derita.

 

Minuman bersoda

Asam sitrat dan natrium benzoat dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda. Minuman bersoda akan menyebabkan perut Anda menjadi kembung, dan akan membuat Anda semakin merasa mual. Maka hindarilah minuman bersoda bila Anda ingin segera pulih dari sakit perut.

 

Kafein

Kafein yang terdapat di dalam minuman seperti kopi dan teh, dapat mengiritasi perut Anda yang sedang sakit. Kafein juga dapat menstimulasi usus Anda menjadi lebih longgar. Hal tersebut tentu saja tidak baik bagi Anda yang sedang menderita diare.

 

Daging

Daging merupakan makanan berlemak yang sulit untuk dicerna. Makanan berlemak dapat mengaktifkan reseptor kimia di dalam perut yang membuat pencernaan menjadi lebih lambat, sehingga menghambat pengosongan lambung. Maka, konsumsi makanan berlemak saat sedang sakit perut, akan membuat Anda semakin merasa kembung.

 

Makanan asam

Hindari menambahkan cuka di makanan Anda. Selain itu sebaiknya hindari buah2an asam : Tomat, jeruk, atau kiwi. Buah2an itu berpotensi meningkatkan asam lambung, yang dapat memperparah sakit perut yang Anda alami. (Rianti Fajar; http://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/hindari-5-makanan-ini-saat-sakit-perut-6732.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close