Wisata dan Kuliner

Sadar Wisata dan aksi Sapta Pesona dari Pantai Halong Ambon

Ambon-Nuansa kepariwisataan makin terasa begitu menginjakkan kaki di Ambon. Sehari sebelum puncak Hari Pers Nasional (HPN), 9/2/17 dibuat kegiatan bertema pariwisata, yakni Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Pantai Halong, Ambon.

 

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menpar Arief Yahya, Gubernur Maluku Said Assagaff, dan Ketum PWI Pusat Margiono me-launching kegiatan itu. Gerakan ini mendukung HPN sekaligus momen penting mempromosikan potensi pariwisata Maluku, khususnya Ambon.

 

Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona, satu di antara 10 program prioritas Kempar tahun ini berupaya meningkatkan daya saing pariwisata di ranah persaingan global, dengan memperbaiki kelemahan Unsur; safety and security, health and hygiene, ICT readiness, enviromental sustainability, dan tourist service infrastructure.

 

Menpar Arief Yahya mengatakan, Jokowi mengamanatkan agar pertumbuhan sektor wisata dipercepat dan diakselerasikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Program pembangunan lima tahun ke depan yang fokus pada infrastruktur, maritim, energi, pangan, dan pariwisata, menempatkan pariwisata sebagai leading sector.

 

Presiden bertarget pariwisata dalam 5 tahun ke depan 2019 harus berkontribusi pada perekonomian (PDB) nasional sebesar 8%, menghasilkan devisa Rp 240T, menciptakan 13 juta lapangan kerja, meraih 20 juta kunjungan wisman, dan 275 juta pergerakan wisnus di Tanah Air serta indeks daya saing pariwisata Indonesia di ranking 30 dunia.

 

Menpar Arief Yahya menjelaskan, meningkatnya indeks daya saing pariwisata Indonesia yang 2014 di ranking 70, pada 2015 meningkat di ranking 50, dan 2019 akan di ranking 30 dunia, penting artinya dalam menghadapi persaingan global.

 

Peluncuran Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ditandai penyerahan simbolis tong sampah dan peralatan kebersihan ke 500 peserta. Ratusan peserta ini terdiri dari unsur pemda, insan pers, pelaku usaha pariwisata, akademisi, kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), dan masyarakat Pantai Halong ber-sama2 melakukan aksi bersih pantai.

 

Kegiatan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona akan dilaksanakan di 136 destinasi pariwisata di seluruh Indonesia sepanjang 2017. (/BW; PR dan http://www.beritasatu.com/destinasi/413673-gerakan-sadar-wisata-dan-aksi-sapta-pesona-diluncurkan-di-pantai-halong-ambon.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close