TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom University raih akreditasi-A

Jakarta-Telkom University (TelU) milik Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) meraih akreditasi A berkat konsistensinya pendidikan tinggi berbasis teknologi informasi komunikasi (TIK) sejak 1990.

Akreditasi itu diberi Kemenristekdikti ke TelU melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dalam Skep No. 3125/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016 per 30/12/2016.

Ketua YPT Dwi Sasongko Purnomo mengatakan, akreditasi A yang diraih TelU itu pencapaian luar biasa karena baru 48 dari 4.445 perguruan tinggi (PT) yang meraihnya. Apalagi di hari itu, Kemenristekdikti juga mengangkat salah satu dosen Teknik Informatika TelU, Adiwijaya, sebagai Guru Besar.

“PT Telkom melalui YPT dari awal hadir berbakti untuk negeri, terutama melalui pendidikan berbasis TIK. Kita selalu berusaha jadi yang terbaik dalam memberi pendidikan guna mengangkat harkat martabat nusa dan bangsa ini,” katanya di Bandung (19/1/17).

TelU yang dibentuk per 31/8/2013 itu gabungan beberapa institusi pendidikan di bawah naungan YPT yakni Institut Teknologi Telkom, Institut Manajemen Telkom, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia (STISI) Telkom, serta Politeknik Telkom.

Pada level cakupan Jabar, baru 8 PT terakreditasi A oleh BAN PT yakni UI, ITB, IPB, Gunadarma, Unpad, Polban, UPI, dan TelU. Dwi melanjutkan, dengan dapat akreditasi ini, pihaknya bertekad pendidikan tinggi berbasis TIK itu ke depannya lebih mampu bersaing, di tingkat nasional dan internasional.

“Kami juga mengapresiasi dan berterimakasih ke Kemristekdikti dan BAN PT yang memproses akreditasi dari awal hingga selesai. Tidak mudah mendapatkan, karena performa TelU dipantau 3 tahun, “.

Yang dipantau : Kualitas pendidikan, fasilitas, keuangan, mahasiswa, kualitas lulusan, kompetensi, sumber daya manusia, dsb. Secara keseluruhan, pemantauan pada fundamen PT yakni sarana-prasarana, mahasiswa, dan dosen.

Dengan tercapainya predikat A ini, Yayasan Pendidikan Telkom akan mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia khususnya yang berbasis TIK. Sebab, selain TelU, pihaknya memiliki 54 sekolah yang berada dalam naungan yayasan itu dan ditargetkan terus meningkat dari sisi kualitas.

 

Tanggung jawab sosial perusahaan
Bakti terbaik bagi negeri dari Telkom di jalur pendidikan ini sesuai mandatori pemerintah : Permenneg BUMN No 05/MBU/2007 Pasal 1 ayat (7) menyebut, Program Bina Lingkungan adalah program memberdayaan kondisi sosial masyarakat oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.

 

Hal ini sejalan pasal 74 UU No 40/2007 tentang Perseroan Terbatas, bahwa Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan merupakan kewajiban perseroan yang dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya perseroan yang pelaksanaannya dilakukan dengan memperhatikan kepatutan dan kewajaran.

Menurut Dwi, pihaknya melaksanakan 2 kewajiban itu melalui YPT jauh sebelum konsep tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang populer. Sebab, elemen Telkom mendirikan taman kanak2 di Kota dan Kab-Bandung sejak 1977 dan disempurnakan kehadiran YPT per 23/5/1990 atau sejak 26 tahun silam.

Hingga tahun lalu, ada 12.000 siswa pada 32 TK dan playgroup, 3 SD, 3 SMP, 2 SMK pariwisata, 9 SMK Telkom, dan 1 SMA di bawah YPT. Di TelU, ada 25.000 mahasiswa eksisting dengan 30.000 alumni. Angka sebesar ini didapatkan dengan sebaran tak kalah hebat.

 

Ada 36 kota terbentang dari terbarat (Pematang Siantar, Sumut) hingga paling timur (Jayapura, Papua) yang jadi lokasi SD hingga atas. Jadi, total ada 49 sekolah dan 3 PT pada 36 kota itu. Selain itu, ada pula Telkom PDC (Profesional Developement Center) dan Telkom Profesional Certificate Center (TPCC).

 

Sejak Januari 2008, Telkom PDC didirikan dengan izin penyelenggaraan pendidikan non formalnya dikeluarkan Depdik dan Depnaker. Jangan lupakan pula Bandung Techno Park (BTP), pusat inkubasi usaha berbasis TIK yang berdiri sejak 2008 lalu.

 

Inkubator ini dikunjungi Presiden Jokowi pada 12/1/2014. Secara khusus, presiden ke-7 ini menulis kesan dan pesan setelah berkeliling BTP yakni “Bandung Park terus berinovasi untuk rakyat dan bangsa.” (rou/rou;  Achmad Rouzni Noor; https://m.detik.com/inet/cyberlife/d-3399874/telkom-university-raih-akreditasi-a?_ga=1.95554140.1585447472.1478359500)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close