Islam

Kisah Masjid Istiqlal siapkan lift untuk Raja Salman

Jakarta-Ada cerita menarik terkait persiapan Masjid Istiqlal menyambut Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz yang ke Indonesia 1-9/3/2017. Pengurus harus menyiapkan lift karena raja sudah sepuh ingin mengelilingi masjid rancangan Frederich Silaban itu. Seperti apa ceritanya?
Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar mengatakan kabar Raja Salman singgah di masjid terbesar Se-Asia Tenggara itu diterima 28 hari jelang kedatangan pemimpin Arab Saudi(81) itu.

 

Dua puluh delapan hari jelang kedatangan Raja, tim advance datang mengecek kesiapan Masjid Istiqlal. Berhubung Raja Salman ingin mengeliling Istiqlal, tim advance menyarankan pengurus menyediakan lift. “Jadi tim advance datang mengecek kesiapan Masjid Istiqlal. Harus ada lift kalau Raja mau berkeliling,” tutur Nasaruddin Umar saat berbincang dengan detikcom, Kamis malam (2/3/17).

Pengurus Masjid harus berfikir menyediakan lift dalam waktu yang singkat. Nasaruddin tahu untuk memasang lift perlu waktu lebih dari 28 hari. Selain soal waktu, biaya jadi persoalan berikutnya. Tak mungkin ajukan ke APBN untuk membangun lift Istiqlal karena belum saatnya mencairkan dana di awal tahun. Lalu dia menghubungi pihak yang pasti bisa bantu yakni Menteri BUMN Rini Soemarno.

 

“Keesokan harinya saya ke Ibu Menteri, Ibu Rini. Kalau Menteri BUMN kan bisa langsung ada dana untuk membantu,” kata Nasaruddin. Gayung bersambut. Saat itu Rini pun memanggil salah satu deputi di kementeriannya. Deputi itu mengusulkan menghubungi BUMN di bidang pembangunan.

“Ketemulah Waskita Karya. Lalu Waskita Karya tanya, ‘mau berapa lantai?’, dia bilang kalau 28 hari hanya bisa 1 lantai saja. Lalu saya bilang, yang penting bisa untuk Raja Salman naik ke ruang utama,” tutur Nasaruddin. Akhirnya lift jadi dan dikerjakan 14 hari saja. Nasaruddin terkesan dengan proses pengerjaan yang cepat dan hasil maksimal. “Lift-nya bagus,” ungkap Nasaruddin.

Kamis kemarin, Raja Salman berkunjung ke Masjid Istiqlal. Selain salat sunah, Raja Salman  berkeliling Masjid Istiqlal. Selama mengelilingi masjid, Raja Salman tak henti2 mendaras ayat suci. (bpn/erd; Bagus Prihantoro Nugroho; https://news.detik.com/berita/d-3437130/kisah-14-hari–masjid-istiqlal-siapkan-lift-untuk-raja-salman)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close