Kesehatan

Obesitas picu gagal ginjal

Jakarta-Kegemukan bukan hanya buat hidup tak nyaman. Ancaman penyakit seperti gagal ginjal kronis siap mengintai. Ada deretan penyakit lain jadi ancaman untuk yang berat tubuh berlebih : Diabetes dan hipertensi. Dan ternyata kedua penyakit inilah yang merupakan faktor risiko tertinggi gagal ginjal kronis.

“Obesitas berpotensi timbulkan gangguan kesehatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan hipertensi; dua penyakit yang merupakan faktor risiko tertinggi penyakit ginjal kronis,” papar Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dr Dharmeizar SpPD KGH.

Obesitas atau berat badan berlebih kini ikut menjadi perhatian di bidang kesehatan karena memicu berbagai jenis penyakit tidak menular, salah satunya penyakit ginjal kronis (PGK). PGK merupakan kelainan terhadap organ ginjal karena berbagai faktor, seperti infeksi, tumor, genetis, penyakit metabolis atau degeneratif yang timbul secara perlahan tanpa menimbulkan gejala pada tahap awal.

Penyakit ini juga didefinisikan sebagai kelainan pada darah yang berlangsung selama tiga bulan disertai ketidaknormalan pada albumin urine, elektrolit, hasil patologi, dan beberapa hal lainnya. Salah satu ciri PGK adalah ginjal membesar karena bekerja keras untuk menyaring massa otot yang bertambah.

Fungsi organ itu mengeluarkan sisa2 produk dari tubuh. Ketika berat badan berlebih, massa otot ikut bertambah. Sehingga kerja ginjal untuk mengeluarkan zat sisa dari tubuh semakin berat. Hal itulah yang menyebabkan ginjal mengalami kerusakan karena beban bekerja lebih besar dari biasanya. (Sri Noviarni; bbk; Koran Sindo; https://lifestyle.sindonews.com/read/1187840/155/obesitas-bisa-picu-gagal-ginjal-kronis-1489383280)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close