Kesehatan

Penggunaan Cuttonbud yang berbahaya

Telinga salah satu panca indera penting bagi kehidupan manusia. Meski berfungsi penting, bukan berarti telinga harus selalu dibersihkan. Apalagi dengan menggunakan cottonbud. Selama ini orang meyakini bahwa cottonbud efektif untuk membersihkan telinga.

 

Padahal penggunaan cottonbud untuk membersihkan telinga justru dapat membahayakan telinga Anda.

Jika Anda memasukkan cottonbud ke dalam telinga, kotoran yang terdapat di dalam telinga, justru akan terdorong kembali ke dalam.

 

Saat sudah terdorong ke dalam, maka kotoran telinga akan sulit untuk dikeluarkan. Lama-kelamaan kotoran tersebut akan menumpuk dan mengeras di dalam telinga. Hingga kemudian mengakibatkan infeksi yang dapat menyebabkan ketulian.

 

Berbeda dengan gigi yang harus dibersihkan teratur, telinga justru tidak perlu dibersihkan. Menurut the American Hearing Research Association, Anda tidak perlu berusaha mengeluarkan kotoran telinga. Hal itu lantaran telinga memiliki sistem alami dan minyak yang akan mendorong kotoran telinga ke luar.

 

Maka, kotoran telinga akan ke luar dengan sendirinya tanpa kita sadari. Yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan telinga mulai dari lubang telinga hingga dinding daun teling bagian dalam, dengan menggunakan kain basah.

 

Kotoran telinga tidak selamanya buruk. Kotoran telinga berfungsi membuat gendang telinga tetap kering dan mencegah terjadinya infeksi. Kotoran telinga menghasilkan antibakteri dan pelumas yang dapat mencegah masuknya benda asing ke dalam telinga.

 

Maka, Anda sebaiknya menghentikan kebiasaan Anda membersihkan telinga dengan cottonbud sekarang juga. (Rianti Fajar; http://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/bahaya-penggunaan-cottonbud-untuk-bersihkan-telinga-6757.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close