Wisata dan Kuliner

Sate putih Taichan membuat orang rela antri

Pernah dengar sate taichan? Kuliner yang satu ini ramai dibincangkan karena unik. Kalau biasanya kita kenal sate ayam-kambing yang dibakar dengan kecap lalu disantap dengan bumbu kacang, maka beda dengan sate taichan. Daging satenya berwarna putih segar, karena tidak menggunakan kecap.

 

Kita tidak temukan sambal kacang, karena sate taichan tidak disajikan dengan sambal kacang. Sambal bersama sate taichan terbuat dari olahan cabai rawit merah yang dihaluskan lalu dicampur jeruk nipis, dan bahan2 khusus lain. Bumbu2 itu bercita rasa khas sate taichan : Paduan rasa asam, asin, dan pedas.

 

Proses memasaknya sama kebanyakan. Daging ayam atau kambing segar ditusuk. Setelah itu dibakar di atas bara api 3-5 menit. Sate yang matang dilumuri minyak sayur, perasan jeruk nipis, dan taburan penyedap rasa.

 

Sate taichan disajikan bersama sambal cabai rawit segar dengan perasan jeruk nipis. Sate taichan sangat direkomendasikan bagi pecinta makanan pedas, karena sambalnya hanya dari cabai rawit merah yang mampu membuat lidah terbakar.

 

Meskipun proses pembakarannya terbilang singkat, sehingga daging tidak terbakar hingga gosong, daging sate taichan tetap empuk dan matang. Hal tersebut karena daging sate taichan tidak disimpan dalam freezer, melainkan di bawah tumpukan es batu.

 

Daging sate akan tetap segar, namun tidak keras, seperti ketika disimpan dalam freezer. Daging satenya lebih tipis, untuk memudahkan pembakaran yang singkat. Sate taichan mendapat sambutan yang cukup hangat dari pecinta kuliner. Semakin banyak penjual sate taichan di berbagai daerah.

 

Hebatnya, penjual sate taichan tidak pernah sepi pengunjung. Kalau anda penasaran dengan cita rasa sate taichan, dapat mengunjungi beberapa warung sate taichan berikut.

 

Sate Taichan Bang Ocit, Senayan

Warung sate taichan yang terletak di jalanan Asia Afrika Senayan ini selalu dipenuhi pengunjung. Dari pengunjung yang membawa kendaraan roda dua hingga roda empat rela mengantre panjang untuk menikmati pedasnya sate taichan.

 

Pemilik warung ini Bang Ocit yang berasal dari Madura. Selain rasa sate taichannya yang luar biasa, gaya jual Bang Ocit yang interaktif dengan pelanggan menjadikan warung sate taichan Bang Ocit semakin populer. Sate taichan Bang Ocit menggunakan campuran daging dan kulit untuk menambah cita rasa.

 

Sate Taichan Kemang

Hijaber juga dapat menemukan sate taichan di kawasan pusat jajanan rakyat di Kampung Kemang. Tempatnya memang tidak terlalu luas, tapi selalu ramai oleh pengunjung. Bumbu satenya dibuat secara khusus langsung oleh pemiliknya, Imey Liem. Jadi Hijaber tidak perlu ragu lagi dengan cita rasa sate taichan yang satu ini.

 

Sate Taichan Uncle Do Tebet

Lokasi sate taichan Uncle Do ada di  Tebet Raya No. 52. Dia tak hanya menyajikan sate taichan saja, tapi juga menu pasta yang bisa dicoba. (Ulfa ASreieza; BL; http://www.diaryhijaber.com/food/view/sate-taichan-sate-putih-yang-membuat-orang-rela-mengantri)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close