Iptek dan Lingk. Hidup

Tehtehan (BT 011)

Sesungguhnya dari keluarga Acalypha banyak jenisnya, ada yang daun besar, ada yang kecil. Ada daun yang kemerahan atau hijau kekuningan dan ada pula yang hijau mulus. Total 400-san species, tapi yang terkenal adalah tanaman teh-tehan, atau Acalypha siamensis. Padahal daunnya yang bergerigi itu tidak terlalu mirip daun teh, hanya karena sering dipangkas, jadi di sebut teh-tehan.

Karena mudah dipangkas dan dibentuk, maka seringkali tanaman ini menjadi ornamen taman bermain, dibentuk seperti gajah, kijang atau bahkan jerapah. Asal tanahnya tidak dibiarkan kekeringan tanaman ini akan tumbuh subur, daunnya banyak dan binatang yang dibentuk juga padat oleh daun.

Belum lama, sebelum tukang las yang banyak bermunculan seperti saat ini, tanaman ini dimana-mana menjadi tanaman pagar batas halaman. Kadang pagar kawat, agar tidak tampak mencolok, diselimuti tanaman ini, sehingga aman dan pangkasannya lurus dan rapih, menunjukan si empunya rumah memang tertib dan rajin. Gambar Google; (Sadhono Hadi; dari grup WA-BPTg)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close