KesehatanSelingan

Usia muda ubanan-waspadai serangan jantung?

Jakarta-Tanda penuaan salah satu tandanya adalah ubanan. Jika uban muncul saat muda? Penelitian terbaru mengungkapkan, munculnya uban lebih dini meningkatkan risiko terkena serangan jantung. Dilansir dari Telegraph, kondisi ini mengindikasikan kerusakan arteri yang menyuplai darah ke jantung.

 

Hasil penelitian : Mekanisme biologi pemicu penyakit arteri koroner terkait timbulnya uban. Hal ini termasuk perbaikan DNA yang tidak sempurna, stres oksidatif, peradangan, perubahan hormonal dan berhentinya pertumbuhan sel.

Hasil penelitian ini, jadi salah satu cara mengidentifikasi penyakit jantung dengan melihat warna rambutnya. “Atherosclerosis (penyakit arteri) dan uban muncul dari jalur biologis yang mirip dan insiden keduanya meningkat seiring usia” papar ahli kardiolog di Cairo University di Mesir, Dr Irini Samuel

Selain menunjukkan usia kronologis, uban mengindikasi usia biologis. Selain itu, munculnya uban jadi peringatan ada peningkatan risiko kardiovaskular. Rambut yang memutih jadi prediktor tunggal penyempitan dan pengerasan pembuluh darah koroner bersamaan dengan tekanan darah tinggi serta kadar lemak darah tidak normal.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan koordinasi bersama ahli dermatologi. Hal ini bertujuan mengetahui lebih jauh mengenai penyebab genetik dan faktor lingkungan yang bisa dihindari yang menyebabkan uban. (nfl; Diana Rafikasari; https://lifestyle.sindonews.com/read/1196818/155/ubanan-di-usia-muda-tingkatkan-risiko-serangan-jantung-1492051037)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close